Strategi Pemasaran Online Yang Efektif Untuk Bisnis

Strategi Pemasaran Online

Strategi pemasaran online merupakan cara-cara atau metode yang digunakan digital marketer untuk memasarkan produknya. Berbagai cara tersebut mempunyai dampak yang sangat besar terhadap tingkat pesanan online yang transaksinya terjadi setiap saat. Semakin banyak strateginya, maka produk yang dipromosikan akan semakin dikenal dan dibeli customer.

Setiap pemasaran online memanfaatkan pendekatan kepada calon customer yang paling efektif. Dalam artikel tersebut terdapat beberapa strategi yang pada tahun belakangan ini sangat meningkat penggunaanya, yuk mari kita telusuri !

SEO (Search Engine Optimizer)

SEO adalah salah satu strategi pemasaran untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman Website menjadi lebih baik di Mesin Pencari (Search Engine) seperti Google, Bing, Yahoo dan lainnya.

Sehingga, jika anda memiliki Website dan ketika calon pelanggan anda ingin mencari produk anda atau layanan anda melalui mesin pencari dan ternyata hasil dari mesin pencari tersebut memunculkan nama website anda di halaman pertama.

SEM (Search Engine Marketing)

Search Engine Marketing (SEM) dapat membantu anda untuk mendapatkan target calon customer anda  melalui media iklan berbayar. Melalui Search Engine Marketing ini, kita dapat mengukur efektivitas Iklan kita seperti besar Budget yang anda sediakan sehingga iklan anda tampil maksimal dan seberapa efektif orang berkunjung ke Website anda melalui iklan yang anda pasang, serta seberapa potensi pengunjung tersebut menjadi customer anda.

Social Media Marketing

Social Media Marketing adalah sebuah cara atau teknik dalam melakukan optimasi promosi dan marketing melalui internet dengan menggunakan platform Social Media. Tujuan dari strategi pemasaran  ini adalah untuk menghasilkan content atau isi yang menarik dan kemudian nanti User lain akan melakukan share content untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan pada akhirnya.

Email Marketing

Email Marketing sangat cocok untuk mengumpulkan database customer sebagai bahan riset penawaran produk. Mereka yang sudah mendaftarkan email ke website kalian, akan menerima tawaran produk sesuai dengan algoritma kesukaan mereka. Salah satu caranya menggunakan Fitur Email Blast untuk mengirim email sekaligus ke semua customer anda.

Strategi Pemasaran Online 1

©Pexels

Mobile Marketing

Teknik marketing ini membuat iklan di dalam sebuah smartphone atau tablet. Mobile marketing juga sangat efisien karena banyak metode pemesanan customer melalui smartphone daripada PC. Tampilan dari iklan yang ada di smartphone juga biasanya lebih mudah dilihat daripada tampilan PC.

Visual Marketing

Seperti namanya, cara strategi pemasaran ini menggunakan media visual seperti  video, foto atau banner. Biasanya metode banyak digunakan di Indonesia karena peminatnya lebih suka menonton atau melihat daripada membaca iklan. Terlebih metode visual ini lebih menarik karena berupa gambar-gambar ataupun video. Seorang visual marketer mempunyai skill seperti video editor, graphic designer, lulusan DKV untuk meningkatkan awareness atas produk yang dijual.

Affiliate Marketing

Affiliate marketing pada dasarnya yaitu strategi pemasaran yang dilakukan dua pihak agar saling menguntungkan karena hubungannya hampir sama. Misalnya sebuah produk barbel bekerja sama dengan produk susu protein, hal tersebut sudah jelas kalau target pasar mereka itu yang hobinya berolah raga. Contoh affiliate marketing adalah dengan bekerja sama dengan influencer atau artis yang suka juga dengan hal olahraga. Seorang influencer bisa merekomendasikan produk atau jasa tersebut dengan memberi kode referal untuk para customer agar mendapatkan diskon barang tersebut.

INFLUENCER

 

©Pexels

Untuk memasarkan sebuah produk, tentunya kamu harus menyesuaikan dengan tujuan dari marketing kamu. Dengan begitu, kamu harus memilih strategi mana yang sangat cocok untuk meningkatkan penjualan produk kamu. Agar semakin efektif, biasanya menggunakan 2 – 3 metode untuk melengkapi kekurangan dan kelebihan satu sama lain. Jadi, kira-kira dari metode yang sudah dijelaskan, cara apa yang paling cocok untuk meningkatkan brand awarness mu atau langsung menargetkan ke penjualan yang jor-jor an ?

Default image
Ronaldo Nongsina