Cara Menghitung Engagement Rate Pada Media Sosial Instagram

Sebagai digital marketer, pastinya kamu sadar bahwa Instagram adalah platform media sosial dengan rata – rata engagement rate yang tinggi. Instagram memberikan kamu fitur untuk brand kamu berinteraksi lebih dekat dengan audiensnya. Engagement rate pada platform seperti Instagram tentunya hal yang penting untuk iklan yang kamu tayangkan di platform tersebut.

Tapi sebelumnya, kamu harus tahu juga bagaimana cara menghitung engagement rate dan kira – kira berapa persen engagement rate yang kamu perlukan untuk mengatakan bahwa konten promosi yang kamu buat sudah bagus dan optimal.

Pengertian Engagement Rate

apa itu engagement rate

© Pexels

Engagement rate adalah metrik yang digunakan dalam pemasaran media sosial untuk mengukur performa dari suatu konten yang ditayang kan. Metrik ini sering digunakan di media sosial seperti Instagram. Angka dari engagement rate ini akan dipengaruhi dengan interaksi yang dilakukan oleh audiens seperti klik, follow, likes, dan komentar.

Engagement rate dapat membantu kamu untuk tahu bagaimana performa dari konten yang ada pada Instagram brand kamu. Dengan followers yang banyak, kamu belum bisa menilai bahwa Instagram kamu memiliki engagement yang tinggi. Intinya, engagement ini dinilai berdasarkan interaksi dari audiens platform kamu terhadap profil media sosial dari brand kamu.

Cara Menghitung 

cara menghitung engagement rate instagram

© Pexels

Kamu bisa melihat engagement rate pada Instagram melalui beberapa aspek seperti reach, post, likes, views, dan impression.

1. Mengukur Engagement Rate pada Reach

Menghitung engagement rate pada reach adalah aspek yang paling akurat. Hal ini karena reach menghitung audiens yang melihat konten. Sehingga kamu bisa menilai bagaimana brand awareness yang sedang berjalan. Cara menghitungnya adalah total engagement setiap post dibagi reach per post kemudian dikali 100%. Nilai ini untuk melihat awareness total pada brand kamu.

2. Menghitung dari Engagement Post

Kamu bisa menggunakan cara ini untuk media sosial yang mempunyai reach yang berubah – ubah setiap waktu. Untuk melihat engagement rate dari post ini kamu bisa menghitung dengan cara total engagements pada post dibagi total followers kamu kemudian dikali 100%. Nilai ini akan menayangkan engagement rate dari satu post.

3. Engagement Rate Impression

Menghitung engagement rate melalui impression akan sangat cocok untuk kamu yang sedang mencari tahu besar impresi dari iklan promosi yang kamu jalankan. Kamu bisa menghitungnya dengan cara menjumlah total engagement pada suatu post kemudian dibagi impression dan diklai 100%. Sifat dari angka impression ini akan sering berubah – ubah setiap waktu.

4. Menghitung Engagement Rate Harian

Engagement rate ini bisa kamu gunakan untuk melihat gambaran dari engagement rate yang kamu dapatkan setiap harinya. Cara menghitung nya adalah total engagements dalam satu hari dibagi jumlah total followers kemudian dikali 100%.

Nilai Baik dan Buruk dari Engagement Rate Instagram 

Dari semua hitungan yang kamu lakukan, kamu bisa melihat apakah angka tersebut sudah cukup untuk brand kamu atau belum. Tentunya, kamu bisa membandingkannya dengan engagement rate yang menjadi tolak ukur secara umum. Engagement rate yang baik dan efektif berada pada angka 3,5% hingga 6%. Tetapi jika kamu bisa mencapai angka di atas 6% artinya engagement mu sangat tinggi. 

Apabila kamu mendapatkan angka dibawah 3,5% hingga 1% artinya engagement rate yang kamu dapatkan ada di batas rata – rata atau standar. Tetapi jika kamu mendapatkan angka di bawah dari 1%, artinya engagement rate yang kamu miliki terbilang sangat kecil dari standar.

Itulah beberapa cara untuk kamu menghitung engagement rate pada Instagram. Bagaimana? Mudah bukan?

Default image
Max Edmund