Mengenal Lebih Dalam Apa itu Barista dan Tugasnya 

Kopi sudah menjadi teman yang hampir setiap hari ada untuk kamu mengerjakan pekerjaan ataupun untuk menongkrong bersama teman – temanmu. Kamu pastinya pernah mendengar istilah barista dalam dunia perkopian. Namun, saat mendengar istilah barista pertama kali pastinya kamu bertanya – tanya apa itu barista dan apa tugasnya.

Barista adalah istilah yang sedang sangat populer di kalangan anak muda. Secara singkat, dapat dikatakan bahwa barista itu sendiri adalah seseorang yang bertugas untuk meracik dan menyajikan kopi. Tidak hanya meracik dan menyajikan kopi, barista tentunya memiliki tugas lainnya dalam dunia peracikan dan penyajian kopi.

Secara praktik, barista juga mempunyai tugas lainnya seperti mengurus inventaris dari alat kopi, menjalankan mesin kasir, dan tugas lainnya. Banyak barista yang mendapatkan upah berdasarkan hitungan jam. Lebih lanjut lagi mari kita bahas apa itu barista dan apa saja ya tugasnya?

Mengenal Apa itu Barista Lebih Jauh

apa itu barista

© Pexels

Seperti yang kita bahas sebelumnya, barista mempunyai tugas dalam pembuatan kopi dengan basis express. Sebutan barista sendiri biasanya digunakan untuk orang yang bertugas menyajikan kopi di kedai kopi secara khusus. Untuk menjadi barista tentunya kamu harus mempelajari bagaimana membuat berbagai jenis kopi dan seni dari kopi itu sendiri. 

Karena perlu pelatihan khusus, biasanya barista  hanya bisa ditemukan di kedai kopi yang secara khusus menyajikan kopi dengan berbagai jenis. Dasarnya, barista juga ikut membuat house blend atau racikan kopi khusus dari kedai kopi tersebut. Hal ini ditujukan agar tempat kopi mempunyai rasa kopi khas yang berbeda – beda.

Dapat disimpulkan bahwa barista adalah seseorang yang secara professional terlatih untuk menyiapkan dan meracik biji kopi espress yang kemudian disajikan dengan seni melalui rasa maupun tampilan. Tentunya, orang yang bisa membuat espresso seperti latte ataupun cappuccino bisa dikatakan sebagai barista juga.

Tugas dari Barista

apa itu tugas barista

© Pexels

Pada awal artikel ini, sekilas sudah kita bahas apa saja tugas yang biasanya dikerjakan oleh seorang barista. Tugas utama barista adalah menyajikan dan meracik kopi untuk pelanggan dari sebuah kedai kopi. Tetapi selain itu, barista juga memiliki tugas khusus lainnya di dalam kedai kopi tempat mereka bekerja.

1. Mengoperasikan Alat Espresso Komersil

Barista mempunyai tugas dalam mengoperasikan mesin espresso komersial. Untuk mengoperasikan mesin espresso komersial bukan hal yang mudah. Tentunya, ada beberapa pengaturan yang dapat menghasilkan rasa yang berbeda pada racikan kopi. Maka dari itu, membuat kopi dengan mesin espresso komersial adalah hal wajib yang dikuasai barista.

2. Meracik House Blend

Selain itu, barista mempunyai tugas dalam melakukan peracikan house blend dalam kedai kopinya. House blend ini adalah racikan kopi yang dibuat oleh barista secara khusus untuk membuat ciri khas pada kedai kopi mereka. Maka dari itu, seorang barista harus mempunyai kepekaan akan rasa yang unik untuk setiap kopi.

3. Inventaris Alat Pembuat Kopi

Melanjutkan poin sebelumnya, seorang barista juga mempunyai untuk merawat dan melakukan inventaris terhadap peralatan pembuatan kopi. Selain harus mempunyai kemampuan dalam menjalankan mesin espresso komersil, barista juga harus peka terhadap peralatan yang mereka gunakan. 

4. Menyajikan Kopi pada Konsumen

Yang terakhir, barista mempunyai tugas untuk memberikan penyajian kepada konsumen. Penyajian kopi yang barista lakukan bisa melalui banyak hal. Biasanya, barista mempunyai kemampuan dalam membuat art latte. Art latte adalah bentuk pada kopi yang berwarna putih yang dibuat dengan susu. 

Nah, kira – kira sekian untuk penjelasan tentang tugas dan apa itu barista secara singkat. Apakah kamu tertarik jadi barista?

Default image
Max Edmund