Visi Misi Adalah Hal Yang Berbeda, Ini Cara Membedakannya!

Visi misi adalah suatu kata yang seringkali disebutkan secara berdampingan. Sudah pasti tidak asing lagi untuk kalian mendengar kedua kata ini entah di tempat kerja, sekolah, atau di instansi pemerintahan. Pastinya kamu sudah mengetahui apa kira – kira visi dan misi. Tetapi seringkali orang – orang menganggap kedua hal tersebut adalah hal yang sama.

Padahal jika disimak lebih teliti lagi, visi dan misi adalah dua kata yang berbeda dan mempunyai makna yang berbeda juga. Biasanya visi misi disampaikan oleh seseorang untuk menyampaikan atau menceritakan gambaran rencana yang akan menjadi tujuan orang tersebut maupun kepentingan dari orang tersebut.

Ada beberapa perbedaan dari visi dan misi yang perlu kamu ketahui sebelum kamu salah definisi. Selanjutnya, yuk kita bahas apa saja perbedaan dari visi dan misi.

visi misi adalah

© Pexels

Pengertian Visi

Kata visi ini sebenarnya berasal dari kata vision dalam bahasa Inggris yang artinya pandangan kedepannya. Dalam KBBI, visi mempunyai makna sebagai kemampuan dalam merasakan sesuatu yang tidak tampak melalui kehalusan jiwa dan ketajaman penglihatan, kemampuan untuk melihat pada inti persoalan, pandangan atau wawasan ke depan.

Secara umum, visi adalah serangkaian kata yang menunjukkan impian, cita – cita, atau nilai inti sebuah keinginan dari seseorang atau organisasi dengan pandangan yang jauh kedepan untuk mencapai tujuan di masa depan. Artinya, ketika seseorang menggambarkan visi mereka, mereka sedang menggambarkan bagaimana arah tujuan perjalanan selanjutnya.

Pengertian Misi

Kata misi ini mempunyai arti sebagai sebuah pekerjaan atau sebuah tujuan dari seseorang atau sesuatu. Misi lebih berfokus pada langkah – langkah yang membawa seseorang atau suatu organisasi dalam mencapai visi yang sudah ditentukan. Pernyataan dari misi biasanya terletak pada sebuah poin – poin atau langkah – langkah.

Misi mempunyai makna sebagai langkah yang harus dikerjakan atau metode yang menjadi landasan dalam bekerja untuk mencapai tujuan mewujudkan visi. Mungkin sekilas kedua hal antara visi dan misi terdengar sama. Tetapi, visi dan misi adalah hal yang berjalan selalu berdampingan. Visi harus dijalankan dengan misi yang jelas. Begitu juga misi haru menuntun ke arah visi yang jelas.

Perbedaan dari Visi dan Misi

Setelah membaca pengertian dari keduanya, sekarang kita akan membahas tentang apa saja perbedaannya. Kalau berbicara tentangvisi, visi adalah suatu yang dibuat untuk masa depan. Sementara misi adalah sesuatu yang dibuat untuk menjalani masa sekarang atau masa kini.

Selanjutnya, visi adalah suatu penggambaran besar atas apa yang ingin dituju seseorang atau suatu organisasi. Sementara, misi adalah penjabaran tentang apa saja yang harus orang atau organisasi lakukan untuk mencapai visi yang sudah mereka inginkan.

Kemudian, visi biasanya terdiri dari beberapa kalimat atau pernyataan biasanya satu deret kalimat atau poin yang jelas, padat dan mewakili segalanya. Sementara, misi terdiri dari sejumlah kalimat atau pernyataan yang dapat menjelaskan tujuan. 

Kemudian visi adalah tujuan untuk masa depan atau cita – cita untuk masa yang akan datang nantinya. Sementara, misi adalah cara atau langkah atau metode yang digunakan untuk mencapai tujuan untuk masa depan atau cita – cita tersebut. Perbedaan yang terakhir adalah visi bersifat jangka panjang sementara misi bersifat jangka pendek.

Sekian penjelasan kami tentang perbedaan dari visi dan misi. Kedua hal tersebut memang mempunyai beberapa perbedaan yang signifikan, tetapi keduanya harus berjalan secara berdampingan. Bagaimana? Paham kan sekarang bedanya?

Default image
Max Edmund