Apa Itu TikTok Ads? Ini Jenis dan Cara Membuatnya

TikTok ads pasti sering kamu lihat ketika melihat berbagai jenis konten di media sosial TikTok. Pengguna TikTok yang sudah semakin banyak dan berkembang membuat aplikasi yang satu ini menyediakan fitur untuk iklan.

Dalam artikel ini akan dibahas lengkap mengenai iklan di TikTok sehingga kamu tidak hanya melihatnya saja di aplikasi TikTok, melainkan juga paham mengenai beberapa hal tentang fitur iklan yang satu ini.

Pengertian TikTok Ads

Pengertian TikTok Ads
Source: pexels.com

Mengapa TikTok ads? Fitur iklan di TikTok merupakan fitur yang dikeluarkan oleh platform media sosial TikTok dimana penggunanya bisa mengiklankan berbagai jenis produk baik barang atau jasa agar mendapatkan lebih banyak konsumen.

Jenis Iklan TikTok Ads

Jenis Iklan TikTok Ads
Source: pexels.com

Iklan di TikTok sendiri dibedakan menjadi lima jenis, yaitu:

1. Brand Takeover

Brand takeover merupakan iklan yang akan muncul ketika pengguna atau user baru saja membuka aplikasi TikToknya. Penampilan iklan brand takeover ini akan muncul secara full screen dengan durasi 3 sampai 5 menit.

Dalam durasi tersebut pengguna atau user bisa memilih untuk skip iklan. Sehingga jika pengiklan memilih jenis iklan yang satu ini maka harus mengemas iklan dengan singkat dan memikat sejak detik pertama.

2. Hashtag Challenge

Hashtag challenge merupakan jenis iklan TikTok yang akan muncul di halaman discovery bukan di halaman utama. Jika memilih jenis iklan ini, iklan akan ditampilkan di posisi teratas sehingga jika pengguna mencari dengan hashtag di halaman discovery, maka iklan akan muncul.

3. In-Feed Video

In-feed video merupakan jenis iklan yang akan muncul di FYP pengguna atau user setelah melakukan beberapa kali scroll. Konten iklan jenis ini juga akan dimunculkan berbaur dengan konten-konten TikTok lainnya yang muncul di halaman FYP pengguna.

4. Top View Ads

Top view ads merupakan jenis iklan yang dapat dilihat oleh pengguna atau user di puncak feeds akun mereka. Jenis iklan di TikTok yang satu ini sangat menguntungkan bagi pengiklan yang bertujuan untuk meningkatkan brand awareness produk di mata user atau pengguna.

Durasi iklan top view ads ini berbeda dengan iklan lainnya yaitu bisa mencapai 60 detik. Durasi yang panjang ini bisa digunakan untuk menyampaikan konten iklan yang baik dan menarik perhatian pengguna atau user untuk membeli produk atau jasa yang diiklankan.

5. Branded Augmented Reality atau AR

AR merupakan jenis iklan yang sistemnya adalah pengiklan membuat sebuah stiker atau filter. Jika stiker dan filter tersebut banyak digunakan oleh user atau pengguna, maka brand awareness akan naik.

Cara Membuat Iklan di TikTok Ads

Cara Membuat Iklan di TikTok Ads
Source: pexels.com

Beberapa tips di bawah ini yang harus dilakukan oleh pembuat iklan agar menghasilkan output yang maksimal. Tipsnya yaitu:

1. Menyampaikan Pesan Secara Jelas dan Singkat

Durasi video TikTok yang sangat singkat mengharuskan pembuat iklan untuk bisa menyampaikan pesan secara jelas dan singkat. Jika pembuat iklan terlalu lama dalam menyampaikan inti promosi, maka user akan skip video tanpa melihat inti promosinya.

2. Menggunakan Visual yang Menarik

Tips yang kedua adalah pastikan bahwa video yang dibuat menggunakan visual yang menarik audiens atau pengguna TikTok sehingga mereka bisa berlama-lama menonton konten video iklan tersebut.

3. Mengikuti Trend

Tips yang ketiga adalah pastikan video iklan yang dibuat mengikuti trend terkini yang sedang booming di TikTok. Hal ini bertujuan agar audiens bisa terhibur dengan video iklan tetapi didalamnya disisipkan promosi sejumlah barang atau jasa.

TikTok ads bisa menjadi salah satu media promosi untuk berbagai macam bisnis, baik dari bisnis yang besar sampai yang kecil. Jangan sampai melewatkan media ini untuk kebutuhan promosi.

Default image
Mendy