Cara Mudah Menentukan Target Market untuk Bisnis Kamu!

Bagi kamu para pebisnis, tentu mengetahui bahwa menjalankan sebuah bisnis bukan hanya tentang menghadirkan produk yang terbaik. Di balik sebuah produk unggulan, terdapat serangkaian proses terperinci, sebelum maupun sesudah produk tersebut diluncurkan. Kegiatan ini dilakukan untuk memaksimalkan penjualan produk. Target market adalah salah satu kuncinya.

Dengan menganalisis pasar atau market yang akan dituju, kamu dapat lebih memahami perilaku dan kebutuhan pasar sehingga akan lebih mudah dalam menentukan strategi pemasaran  Jadi apa kamu sudah mengetahui siapa target market bisnismu?

target market adalah

Apa itu Target Market?

Sebelum itu, yuk kita bahas dulu pengertian target market. Target market dapat dikatakan sebagai target pasar atau target utama dari konsumen yang ingin dituju. Dengan kata lain, target market adalah kelompok yang menjadi konsumen dari sebuah bisnis. Penentuan kelompok ini tidak lepas dari spesifikasi produk yang ditawarkan. Biasanya kelompok ini memiliki rentan umur, serta sifat dan karakter yang hampir sama. 

Kenapa Perlu Menentukan Target Market?

Kunci keberhasilan dari bisnis, tidak lepas dari proses penentuan strategi pemasaran yang tepat sasaran. Pasalnya akan sulit ketika menyasar pasar yang terlalu luas. Target pasar yang lebih spesifik dapat membantu dalam memahami perilaku pasar dan kebutuhannya. 

Analisis target market dapat dilakukan untuk mengarahkan kegiatan pemasaran ke kelompok konsumen tertentu. Sehingga dari situ kamu dapat menentukan strategi promosi, penetapan harga, desain pengemasan dan tentunya akan memudahkan dalam proses pendistribusian produk. Semakin dekat dan cocok sebuah brand dengan konsumen, maka semakin besar juga awareness yang muncul. 

Bagaimana Cara Menentukan Target Market?

Menentukan target market haruslah dilakukan dengan tepat, karena dapat berpengauh pada penjualan produk nantinya. Lalu bagaimana cara menentukan target market agar tepat sasaran? Simak penjelasan berikut ini!

Tentukan konsumen yang akan dituju – Pertama-tama, pelajari tipe konsumen seperti apa yang akan menjadi target dari produk bisnismu. Untuk dapat mengidentifikasinya, lakukan analisis menggunakan langkah berikut:

Segmentasi Psikografis

Mengidentifikasi konsumen berdasarkan fokus minat, gaya hidup, jenis pekerjaan, tingkat pendidikan. 

Segmentasi Demografis

Mengidentifikasi konsumen berdasarkan jenis kelamin, usia dan tingkat pendapatan.

Segmentasi Geografis

Mengidentifikasi konsumen berdasarkan tempat produk akan dipasarkan. Analisis karakteristik masyarakat terdekat serta lingkungan tempat tinggalnya.

Pahami kebutuhan target

Setelah menentukan segmen pasar,, pengetahuan tentang kebutuhan konsumen juga menjadi  pertimbangan dalam mengetahui target pasar. Lakukan analisis tentang produk seperti apa yang paling dibutuhkan target konsumen saat ini. Dengan mengetahui kebutuhan tersebut, pengusaha dapat menyesuaikan dan menciptakan produk yang benar-benar dibutuhkan  pasar. Alhasil, produk  akan diminati oleh pasar dan menghasilkan penjualan yang maksimal.

Analisis situasi terkini

Selain menganalisa kebutuhan pasar, kamu juga harus mengamati situasi terkini dan juga pertumbuhan segmen pasar. Menganalisis situasi pasar saat ini akan membantu dalam menentukan strategi yang tepat untuk memasarkan produk. Seperti dimana dan kapan produk harus dipasarkan sesuai dengan target market yang disasar.

Selanjutnya, pengusaha juga harus mempertimbangkan pertumbuhan semen pasar. Jika seiring berjalannya waktu, pertumbuhan segmen pasar diprediksi cukup baik, maka bisnis pun akan berkembang.

Periksa sumber daya perusahaan

Faktor yang tidak kalah penting dalam menentukan target pasar adalah sumber daya perusahaan. Perhatikan ketersediaan sumber daya, jumlah modal serta manfaat dan resiko yang akan didapatkan dari pemilihan target pasar. Jika perusahaan memiliki modal dalam jumlah kecil, sebaiknya jangan mengambil resiko untuk mengambil target market yang luas. Ketika sudah menentukan segmen pasar, maka pengusaha harus tetap fokus pada segmen tersebut untuk menghindari resiko kerugian.

Itulah penjelasan singkat mengenai cara mudah menentukan target market. Pemilihan target market memang menjadi salah satu langkah yang paling penting sebelum memulai sebuah bisnis. Tetaplah berjuang dalam mengembangkan bisnismu. Prosesnya mungkin tidak instan, tetapi dengan kegigihan dan inovasi-inovasi baru, kesuksesan pasti dapat diraih!

 

Default image
Max Edmund