Alasan Mengapa Kamu Perlu Sosial Media Marketing di Tahun 2022 Ini!

Sosial media marketing atau SMM adalah salah satu bentuk pemasaran digital yang menggunakan platform sosmed dan website. Tujuannya adalah untuk melakukan promosi produk atau jasa secara berbayar maupun tidak berbayar. SMM ini sudah dikenal dari beberapa tahun yang lalu, persisnya pada tahun awal 2000an.

Tentunya, banyak marketer yang menggunakan kesempatan dari meledaknya popularitas sosmed di kalangan pengguna internet. Marketer mulai menggunakan platform sosmed untuk melakukan promosi brand untuk konsumennya di tahun 2022 ini apalagi sejak adanya pandemi. Untuk lebih lengkapnya, kita akan membahas SMM lebih dalam lagi.

Pengertian dari Sosial Media Marketing

apa itu sosial media marketing

©Pexels

Seperti yang kita bahas sebelumnya, secara singkat sosial media marketing adalah cara promosi menggunakan sosmed dan website secara berbayar ataupun gratis atau organik. Pemasaran model seperti ini melibatkan beberapa aktifitas pembangunan kehadiran jaring sosial seperti menyebarkan brand awareness, menyalurkan konsumen dengan link di sosmed, dan lainnya.

Sosial media marketing ini bisa menjangkau konsumen melalui cara yang sangat sempit. Seperti contohnya, ketika kamu menggunakan kata kunci “panci” untuk produk yang kamu jual, maka setiap pengguna internet yang sedang melakukan pencarian panci dapat bisa mendapat penayangan iklan dari kamu tanpa harus menjelajahi produk dari brand yang kamu jual.

Manfaat dari Sosial Marketing

Ada beberapa manfaat atau fungsi yang bisa kamu dapatkan dari menjalankan sosial media marketing di platform sosial media. 

manfaat sosial media marketing

©Pexels

1. Menjadi Top of Mind pada Jangka Waktu yang Cukup Lama

Ketika kamu menggunakan sosial media marketing, kamu bisa menggunakan ketakutan audiens ketinggalan informasi. Peluang ini bisa membuat konsumen untuk mengikuti brand yang kamu buat secara terus menerus. Ketika kamu meningkatkan keterikatan konsumen terhadap sosmed dari brand, kamu bisa menciptakan ketakutan audiens tersebut.

2. Mendapat Ide Konten

Mungkin secara singkat terdengar terbalik ketika kamu mendapatkan ide konten saat menjalankan SMM. Tetapi kenyataannya dengan adanya crowdsourcing melalui SMM kamu bisa melihat apa yang diinginkan oleh audiens kamu. Sehingga kamu bisa menciptakan konten yang benar – benar mereka cari.

3. Memperbaiki Reputasi secara Online

Dengan adanya sosial media marketing, kamu bisa berinteraksi secara langsung dengan konsumen kamu. Maka dari itu, setiap keluhan, pertanyaan, dan saran yang diajukan oleh konsumen dapat kamu tangani dengan mudah. Hasilnya, konsumen kamu akan merasa mendapatkan pelayanan yang mereka butuhkan dan akan memberikan rating yang baik terhadap brand kamu.

4. Walaupun Berbayar Memiliki Range Luas

Setiap kampanye promosi mempunyai kebutuhan yang berbeda – beda. Maka dari itu, setiap brand tidak selalu memerlukan budget besar untuk melakukan kampanye promosi yang besar di sosmed ataupun sebaliknya. 

Tetapi, dengan sosial media marketing ini kamu bisa melakukan segmentasi tertentu terhadap kampanye promosi yang kamu lakukan. Sehingga budget untuk SMM tidak terbuang secara percuma.

5. Memberikan Pendapatan secara Efektif

Dengan adanya audiens yang besar, target pasar yang kamu tentukan bisa sangat luas. Biasanya audiens pada sosial media akan dengan mudah termakan dengan iming – imingan dari iklan yang tersebar di internet. Maka dari itu, ketika audiens dari target kamu berhasil tertarik dengan iklan kamu, mereka akan melakukan klik pada iklan kamu. Sehingga, kemudian konversi dari penayangan iklan bisa berubah menjadi pembelian. 

Sekian pembahasan mengapa kamu perlu melakukan sosial media marketing di tahun 2022 ini. Tentunya, kamu bisa pelajari di beberapa kelas online yang bisa kamu temukan di internet.

Default image
Max Edmund