Fungsi Sorotan Instagram Dalam Membangun Brand

Sosial media sudah banyak digunakan untuk keperluan menaikan brand awareness atau impression bisnis anda. Terlebih sosial media yang memanfaatkan visual marketing agar audiencenya terhibur melihatnya. Salah satunya adalah Instagram. Instagram atau biasa kita sebut “IG” mempunyai fitur “Highlight” atau sorotan yang dapat kita lihat walaupun sudah melebihi 24 jam.

Pengertian Sorotan IG

Sorotan IG merupakan fitur yang terdapat di aplikasi Instagram untuk mengarsip instastory agar bisa dilihat kapan saja. Untuk user Instagram pada umumnya untuk “mengenang” momen pada saat itu saja, tetapi untuk bisnis fitur ini digunakan untuk strategi promosi dan mengenalkan brand kepada audience. Fungsi lainnya adalah agar para customer dapat melihat postingan atau berita terupdate apa saja yang ada di bisnis tersebut. 

Misalnya anda baru membuka toko kopi, dalam strategi marketing nya anda memposting letaknya berada dimana, menu-menu andalannya apa saja, promo apa saja yang sedang berjalan, sampai moment Grand Opening untuk meningkatkan awareness kepada audience.

Cara Membuatnya

  1. Buka aplikasi Instagram di smartphone 
  2. Buatlah konten menggunakan instastory di instagram
  3. Saat instastory sudah terposting, lihat kembali tampilan story anda, lalu pilih opsi Highlight / Sorotan bagian bawah kanan
  4. Lalu pilih dimasukan ke highlights yang mana, jika baru pertama kali, silahkan beri nama highlights tersebut
  5. Lalu tekan tambahkan
  6. Silahkan cek di profil instagram anda, maka highlight sudah ada.

INSTAGRAM

©Pexels

Fitur ini juga bisa di-edit dari halaman profil anda lho agar tampil lebih menarik. Seperti mengganti nama dari Highlight, membuat cover agar tampil menarik, postingan highlight otomatis dan lainnya. 

Untuk kebutuhan bisnis, fitur tersebut sangat menguntungkan karena dapat dijadikan promosi jangka panjang dan ketertarikan audience untuk stay tune dalam postingan anda. Audience dapat melihatnya selama 24 jam lho, jadi promosi anda bisa selalu diakses oleh mereka kapanpun. 

Contoh yang biasanya dijadikan Highlight story adalah saat anda memulai bisnis toko kopi, anda dapat memposting proses desain interior yang ada di dalam toko kopi tersebut. Tujuannya adalah untuk membangun awareness dari audience bahwa bisnis anda sedang dimulai. Proses pembuatan Logo yang menarik juga dapat membuat para calon customer anda semakin penasaran lho dengan brand toko kopi anda. Setelah itu, menu-menu andalan juga dapat dimasukan ke Sorotan IG. Menu testimoni akan membangun kepercayaan audience yang nantinya akan membeli produk anda.

Karena instagram sekarang ini dijadikan sebagai media sosial berbisnis, maka kita sangat menyarankan anda untuk menggunakan fitur Sorotan Ig ini. Tentunya tidak semua bisnis menggunakan jasa media sosial untuk promosinya, tergantung dengan goals dari team marketingnya. Sekarang, anda sudah mengetahui apa manfaatnya melalui artikel ini, lalu apa salahnya untuk mencoba hal tersebut dalam bisnis anda bukan ? 

Default image
Ronaldo Nongsina