Social Media Marketing Adalah: Ini Strategi, dan Manfaatnya

Social media marketing adalah salah satu istilah yang mulai muncul seiring berkembangnya sosial media di dunia online. Sosial media merupakan platform yang saat ini digunakan oleh hampir sebagian besar penduduk dunia.

Social media marketing sangat berguna untuk meningkatkan penjualan brand sebuah bisnis atau perusahaan. Jadi, jika kamu merupakan pelaku bisnis atau perusahaan, simak pembahasan lengkap mengenai social media marketing dalam artikel ini.

Social Media Marketing Adalah…

Social Media Marketing Adalah
Source: pexels.com

Pengertian social media marketing yaitu bentuk pemasaran atau promosi digital yang memanfaatkan platform media sosial dan website dengan tujuan mempromosikan produk baik barang atau jasa. Bentuk pemasaran ini ada yang berbayar dan yang gratis.

Strategi Social Media Marketing

Strategi Social Media Marketing
Source: pexels.com

Untuk menghasilkan cara marketing sukses sehingga bisa memberikan keuntungan bisnis atau penjualan yang maksimal, strateginya adalah:

1. Melakukan Riset dan Audit Media Sosial

Strategi yang pertama adalah melakukan riset dan audit media sosial, terutama melihat akun media sosial bisnis yang sudah bagus dalam menyajikan konten promosi. Selanjutnya, digunakan sebagai bahan referensi.

Selain itu, bisa juga melakukan riset konten yang dibuat oleh kompetitor sehingga bisa menghasilkan konten media sosial yang bagus, menarik, dan bisa mendatangkan keuntungan.

2. Menentukan Target

Strategi yang kedua adalah menentukan target audience atau penonton konten promosi tersebut. Disini data yang didapatkan dari tahapan riset dan audit media sosial akan sangat berguna untuk merumuskan target pasar yang potensial.

3. Menentukan Platform Sosial Media yang Digunakan

Strategi yang ketiga adalah menentukan platform media sosial apa yang akan digunakan untuk promosi. Beberapa platform yang bisa digunakan untuk marketing diantaranya seperti Instagram, Facebook, website, TikTok, dan lain sebagainya.

4. Menjadwalkan Waktu Upload Konten

Strategi yang keempat adalah melakukan penjadwalan untuk upload konten promosi. Jika dirancang dengan baik, maka konten untuk promosi akan terlihat tertata dan terorganisir dengan baik maka akan menghasilkan engagement dan reached yang tinggi.

5. Melakukan Evaluasi

Strategi yang kelima adalah melakukan evaluasi. Evaluasi merupakan tahapan untuk melakukan penilaian dan meninjau ulang efektivitas konten yang sudah diupload sebelumnya.

6. Melakukan Inovasi

Strategi yang keenam adalah melakukan inovasi konten.Tahapan ini merupakan kelanjutan dari evaluasi. Setelah melakukan evaluasi dan menemukan kekurangan dalam konten promosi, maka harus melakukan inovasi agar menghasilkan konten yang lebih maksimal.

Manfaat Social Media Marketing

Manfaat Social Media Marketing
Source: pexels.com

Beberapa manfaat yang menjadikan alasan menggunakan social media marketing adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Brand Awareness Produk

Manfaat yang pertama adalah dapat meningkatkan brand awareness audiens akan produk yang dijual atau dipromosikan. Dengan pengguna sosial media yang sangat banyak, memungkinkan pembuat konten untuk memasarkan produk secara lebih luas.

2. Mengetahui Feedback Tentang Produk

Manfaat yang kedua adalah bisa mengetahui feedback tentang produk yang dijual. Hal ini karena dengan menggunakan strategi social media marketing, pemilik produk bisa melihat respon audiens mengenai produk yang dijual.

3. Menghemat Biaya

Manfaat yang ketiga adalah jauh menghemat biaya dibandingkan dengan cara promosi tradisional. Meletakkan konten promosi di platform media sosial tertentu tidak memerlukan biaya, terlebih jika sudah mampu membuat konten promosi yang bagus.

Namun, apabila dirasa masih belum memenuhi target engagement dan reached yang diinginkan, pemilik iklan bisa menggunakan iklan berbayar di platform yang digunakan.

Social media marketing adalah salah satu cara yang paling ampuh di masa kini untuk memasarkan produk yang dijual. Hal ini karena sosial media sudah sangat erat dengan kehidupan masyarakat yang modern.

Default image
Mendy