Pelajari Strategi Promosi dalam Berbisnis untuk Bisnis Kamu!

Dibalik bisnis yang sukses, terdapat serangkaian strategi yang sudah dipikirkan secara matang. Salah satu proses yang tidak bisa dilewatkan adalah merancang strategi promosi. Secara umum, ada banyak cara untuk melakukan kegiatan promosi diantaranya iklan TV, pamflet spanduk, serta yang saat ini ramai digunakan adalah media sosial dan situs web. 

Apa itu promosi? Serta kenapa sebuah bisnis perlu melakukan kegiatan promosi? Artikel ini akan membahas apa yang dimaksud dengan promosi, mengapa promosi itu penting serta berbagai contoh promosi yang dapat kamu lakukan untuk bisnismu.

promosi adalah

© Pexels

Pengertian Promosi

Promosi merupakan upaya pemasaran yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran serta minat masyarakat terhadap sebuah produk atau layanan. Promosi dapat mencakup semua jenis komunikasi yang persuasif guna menarik minat calon konsumen untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan.

Tujuan Promosi

Tujuan utama dari kegiatan promosi adalah untuk meningkatkan penjualan. Promosi harus berfokus ada upaya untuk menciptakan minat masyarakat terhadap penggunaan produk yang ditawarkan. Berikut merupakan beberapa tujuan dibalik kegiatan promosi pada umumnya:

  • Menonjolkan keunggulan produk dari produk pesaing
  • Menciptakan citra perusahaan
  • Membuat konsumen memahami manfaat produk.
  • Membantu meningkatkan angka penjualan
  • Menjangkau konsumen baru serta menjaga loyalitas pembeli. 

Jenis-jenis Promosi 

Ada berbagai cara untuk melakukan kegiatan promosi, namun pada umumnya terdapat lima jenis promosi menurut Kotler dan Armstrong:

Iklan

Advertising atau periklanan termasuk bentuk promosi yang masih banyak digunakan dan cukup efektif. Jenis promosi yang termasuk kedalam strategi ini meliputi promosi yang menggunakan media cetak seperti koran, baliho bahkan materi promosi. Selain itu, bentuk periklanan yang disiarkan melalui televisi maupun radio masih termasuk kedalam jenis promosi ini. Atau di era saat ini sudah banyak juga perusahaan yang melakukan periklanan melalui media digital seperti sosial media. 

Personal Selling

Personal selling adalah promosi yang dilakukan dengan menggunakan sumber daya manusia. Tujuannya adalah untuk membangun hubungan pelanggan yang lebih dekat dan lebih percaya. Orang-orang yang terlibat dalam promosi personal selling pada umumnya adalah distributor,  wiraniaga, sales agent, dll.

Promosi Langsung

Promosi langsung atau direct promotion merupakan jenis promosi dimana sistem penjualan dilakukan dari produsen secara langsung ke konsumen tanpa melalui distributor. Sarana komunikasi antar kedua pihak ini dapat dilakukan melalui email, pesan teks, telepon ataupun saluran lainnya. Banyak perusahaan baik besar maupun kecil yang menggunakan strategi ini karena jangkauannya yang luas dan konsumen dapat memberikan feedback secara langsung pada perusahaan.

Sales Promotion

Sales Promotion merupakan jenis promosi jangka pendek yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan secara cepat. Tujuan dari jenis promosi ini biasanya untuk meningkatkan permintaan akan produk atau layanan tertentu. Contoh sales promotion adalah diskon, flash sale, buy 1 get 1, serta berbagai penawaran jangka pendek lainnya. 

Public Relation

Jenis promosi Public Relation merupakan bentuk promosi yang bertujuan untuk menciptakan citra perusahaan yang baik. Promosi ini biasanya dilakukan dengan cara mengikuti acara, berita ataupun kemitraan dengan pemangku kepentingan, dll. Dengan terjalinnya relasi yang baik dengan masyarakat maka reputasi perusahaan dapat meningkat. Hal ini yang membuat kesadaran masyarakat akan sebuah brand meningkat. 

Contoh Promosi 

Sebagai ujung tombak dari strategi pemasaran sebuah bisnis, proses promosi perlu dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Beberapa jenis promosi yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari diantaranya:

  • Promosi Tester
  • Iklan Cashback
  • Gratis Ongkir
  • Promo Launching Produk baru
  • Endorsement Influencer
  • Email marketing
  • Dll

Kegiatan promosi merupakan tahap yang krusial dalam pemasaran produk ataupun jasa. Untuk itu agar memperoleh hasil yang maksimal diperlukan strategi yang jitu dalam pelaksanaannya. Setelah melihat penjelasan dan berbagai contoh strategi promosi di atas, gunakanlah satu atau beberapa tips promosi tersebut sebagai strategi pemasaran bisnismu. Jangan lupa juga untuk menyesuaikannya dengan tujuan bisnismu ya, semoga berhasil!

Default image
Max Edmund