2 Perbedaan Revenue dan Income (+ Cara Hitungnya!)

Bekerja dalam bidang keuangan memang membutuhkan pengetahuan yang cukup untuk bisa melakukannya dengan baik. Berkaitan dengan keuangan ini, banyak orang yang masih bingung tentang perbedaan revenue dan income.

Jika dibahas dengan sesama awam mungkin tidak terlalu menjadi masalah, namun lain jika sudah dibahas dengan para pelaku bisnis. Kesalahan memahami perbedaan keduanya dapat menimbulkan kebingungan. Oleh sebab itu, yuk kenali apa itu revenue dan income serta perbedaannya!

Pengertian Revenue dan Income

Pengertian Revenue dan Income
Source: pexels.com

Karena sama-sama merupakan pemasukan, antara revenue dan income sering dikira sama. Jika melihat pengertiannya, kamu akan tahu bahwa keduanya punya perbedaan yang cukup jelas.

Adapun pengertian revenue itu sendiri adalah pendapatan yang diperoleh oleh perusahaan setelah melakukan produksi atau kegiatan utamanya. Jadi, pendapatan ini dihitung secara total, belum dikurangi biaya produksi dan sebagainya.

Sedangkan income merupakan keuntungan yang diperoleh dari hasil operasional perusahaan. Income dihitung dengan mengurangi pendapatan yang diperoleh dengan biaya produksi, pajak, dan sebagainya. Oleh sebab itu, income sering juga disebut dengan laba bersih atau keuntungan bersih.

Jadi jelas, antara pendapatan dan juga keuntungan. Cara kasarnya dapat dikatakan bahwa income adalah revenue yang sudah dikurangi dengan beban operasional atau biaya yang dikeluarkan. Jadi, kemungkinan penghitungan income akan lebih rumit jika dibandingkan dengan hitungan revenue.

2 Perbedaan Revenue dan Income

2 Perbedaan Revenue dan Income
Source: pexels.com

Setelah melihat pengertian dari revenue dan income, kamu juga bisa melihat perbedaan keduanya dari 2 poin di bawah ini. Kedua poin pembeda tersebut bisa menjadi patokan bagi kamu jika tidak bisa mengingat pengertian revenue dan income.

Kedua poin tersebut adalah:

1. Sumber Perolehan

Dari sumber perolehannya, revenue dan income memiliki perbedaan berupa jumlahnya. Jumlah sumber perolehan revenue lebih banyak, bukan hanya dari penjualan perusahaan.

Sumber perolehan yang dihitung dalam revenue antara lain investasi yang dilakukan oleh perusahaan maupun bunga deposito dan imbal hasil yang diperoleh perusahaan dalam suatu periode.

Sedangkan untuk income karena merupakan laba bersih maka sumber pendapatannya hanya berasal dari hasil bisnis yang dijalankan perusahaan. Hasil penjualan dan pengeluarannya akan dihitung menjadi nilai income.

Dalam menghitung revenue, perusahaan hanya tinggal menjumlah komponen biaya atau komponen penerimaannya saja. Sedangkan dalam menghitung income, perusahaan memiliki dua metode, yaitu gross profit dan net profit.

2. Cara Perhitungannya

Perbedaan kedua terletak pada cara menghitung nilai keduanya. Penghitungan nilai revenue lebih sederhana dibandingkan dengan income.

Untuk menghitung revenue, kamu hanya tinggal menjumlah biaya-biaya pengeluaran dan pemasukannya saja, termasuk pemasukan perusahaan dari selain hasil produksi.

Sedangkan penghitungan income lebih rumit, karena melibatkan beberapa jenis pendapatan dan pengeluaran. Ada dua metode yang bisa dipakai untuk menghitung income, yaitu:

a. Gross Profit

Cara menghitung income memakai metode gross profit yaitu mengurangi pendapatan dengan harga pokok penjualan (HPP).

b. Net Profit

Metode yang kedua adalah net profit. Untuk memakai metode kedua ini kamu perlu memakai metode pertama juga. Menghitung income menggunakan metode net profit dilakukan dengan mengurangi nilai gross profit dengan biaya tak langsung terkait produksi.

Adapun yang termasuk biaya tersebut adalah pajak, biaya promosi, serta biaya lain yang dipakai agar produk dapat sampai ke tangan konsumen.

Sekarang kamu sudah paham kan apa saja yang termasuk perbedaan revenue dan income? Kenali keduanya dengan baik agar kamu tak salah kira dan salah hitung.

Default image
Mendy