Apa Itu Mailing List? Ini Fungsi, Jenis, dan Cara Membuatnya

Mailing list adalah salah satu cara yang bisa digunakan secara maksimal untuk membagikan promo atau informasi produk yang dipasarkan. Saat ini banyak perusahaan atau bisnis yang menggunakan cara ini karena sangat menghemat waktu.

Kemudian apa saja jenis mailing list? Apa saja fungsinya? Bagaimana cara membuat mailing list tersebut? Semuanya akan dibahas secara informatif di dalam artikel ini.

Mailing List Adalah

Mailing List Adalah
Source: pexels.com

Pengertian mailing list yaitu suatu layanan atau cara yang memungkinkan pemilik produk untuk mengirimkan email ke banyak orang dalam sebuah kelompok yang sudah ditentukan sebelumnya. Mailing list biasa disebut dengan milis oleh kebanyakan orang.

Jenis Mailing List

Jenis Mailing List
Source: pexels.com

Terdapat beberapa jenis mailing list, di antaranya adalah:

1. Response List

Jenis-jenis mailing list yang pertama adalah response list. Response list merupakan jenis mailing list yang bisa memberikan keunggulan yaitu bisa tercipta komunikasi dua arah. Tetapi, sebelum menyebarkannya, pemilik produk harus memberikan hak respon.

Jadi, audience yang tidak diberikan hak respon tidak bisa membalas email ini. Jenis ini biasanya digunakan untuk perilisan suatu produk dan bisa digunakan untuk mengetahui keinginan dan minat para audiens.

2. Announcement Type List

Jenis-jenis mailing list yang kedua adalah announcement type list. Jenis mailing list yang satu ini menggunakan sistem komunikasi satu arah, dimana pelanggan yang masuk sebagai penerima mailing list tidak mempunyai hak untuk memberikan respon.

Biasanya, jenis ini digunakan untuk merilis jenis produk baru dari sebuah brand, diskon produk, dan newsletter sebagai alat promosi.

3. Discussion Type List

Jenis-jenis mailing list yang ketiga adalah discussion type list. Mailing list jenis ini menggunakan sistem komunikasi dua arah yang sempurna karena semua penerima email bisa memberikan respon mengenai produk yang dipasarkan secara bebas.

Fungsi Mailing List

Fungsi Mailing List
Source: pexels.com

Mailing list memiliki beberapa fungsi di antaranya adalah:

1. Terdapat Grup

Fungsi yang pertama adalah adanya grup dimana semua anggota yang tergabung dalam grup tersebut bisa melakukan interaksi dengan baik.

2. Memudahkan Komunikasi

Fungsi yang kedua adalah memudahkan komunikasi antar anggota yang tergabung di dalam grup tersebut. Dengan demikian, proses komunikasi bisa dilakukan dengan lancar baik yang menggunakan sistem satu arah atau dua arah komunikasi.

Cara Membuat Mailing List

Cara Membuat Mailing List
Source: pexels.com

Beberapa langkah yang harus ditempuh dalam membuat mailing list yaitu:

1. Masuk ke cPanel

Setelah memiliki alamat email yang aktif, maka masuklah ke askes cPanel hosting dengan mengakses laman dengan susunan http://[namadomain.com]/cpanel/ atau http://namadomain.com:2082.

Setelah berhasil mengakses laman tersebut, login dengan menggunakan username dan password email.

2. Klik Menu Mailing List

Setelah berhasil masuk ke cPanel, scroll ke bagian bawah dan cari menu mailing list di dalam kategori email tersebut.

3. Isi Data Mailing List

Setelah berhasil masuk ke halaman mailing list, masukkanlah nama-nama yang akan menggunakan milis tersebut dan masukkan passwordnya. Selanjutnya, aturlah privacy dari milis tersebut melalui acces type. Access type bisa diatur menjadi private atau public.

4. Menambahkan Email Penerima Pesan

Selanjutnya isikan data email dari penerima pesan dengan cara kembali ke menu mailing list, klik current list, klik manage, klik membership management, klik mass subscription. Setelah selesai, maka mailing list siap digunakan.

Mailing list adalah salah satu layanan yang sangat bisa mempermudah pekerjaan admin. Alasannya karena bisa mengirimkan promosi produk barang atau jasa dalam satu waktu dan sekali klik kepada banyak penerima email.

Default image
Mendy