Macam Macam Desain Grafis untuk Bisnis & Fungsinya

Di jaman sekarang, pekerjaan semakin banyak spesialisasinya, salah satunya adalah graphic designer. Profesi ini sudah banyak dibutuhkan dalam keperluan sebuah perusahaan dan bisnis, dalam pembuatan logo atau elemen visual lainnya. Beberapa macam macam desain grafis mempunyai fungsi yang berbeda-beda dan cara membuatnya. Berikut penjelasannya mengenai apa saja jenis dari sebuah desain grafis dan pengertiannya. Simak penjelasan berikut.

Pengertian Desain Grafis

Pengertian dari desain grafis sendiri adalah bentuk kreatifitas untuk menciptakan sebuah karya bertujuan untuk keperluan penyampaian informasi dalam bentuk visual. Visual yang dimaksud dapat berupa campuran gambar, video dan audio agar terlihat lebih menarik. Tujuannya sederhana, agar orang-orang menangkap informasinya dan mempersuasi orang untuk melakukan tindakan selanjutnya seperti membeli produk. 

Visual Identity

Desain grafis identitas visual adalah desain grafis yang dibuat untuk memberikan identitas bagi bisnis kecil, menengah, hingga besar. 

Desainer ini biasanya khusus membuat merek mencangkup Logo, tipografi, palet warna, maskot, dan elemen penting lainnya.

Salah satu indikator identitas visual yang berhasil adalah ketika konsumen dengan mudah mengingat produk tertentu hanya dengan melihat sebagian dari gambar.

Packaging

Sebuah produk biasanya menggunakan packaging dalam jasa pesan antar. Ternyata desain packaging dapat digunakan juga mempengaruhi tindakan konsumen, lho. Ada beberapa orang yang membeli sebuah produk karena alasan “packaging-nya bagus”. Ini merupakan contoh keberhasilan marketing dalam membuat desain.

Desain Grafis Pemasaran

Desain grafis ini digunakan untuk kepentingan sebuah kampanye pemasaran. Tujuannya untuk mempersuasif para konsumen untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah produk yang ditawarkan. Salah satu bentuknya adalah banner, pamflet, flyer, brosur dalam cetakan ataupun bentuk digital.

Desain Publikasi

Desain grafis ini berfokus pada industri publikasi seperti pembuatan majalah, koran, katalog berbentuk fisik maupun digital. Biasanya para desainer publikasi bekerja sama dengan para editor visual agar visual terlihat lebih menarik bagi para audience.

Desain UI

Kamu pasti pernah mendengar mengenai designer UI/UX dalam berbagai keperluan profesi. Desain tersebut berfokus kepada tampilan aplikasi, seperti desain tombol menu, button, micro-interaction dan lainnya. Bukan hanya berfungsi operational, melainkan desain tombol berikut harus sesimple mungkin. Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai UI ataupun UX Designer, silahkan membaca artikel berikut.

macam macam desain grafis

©Pexels

Desain Grafis Website

Selain untuk tampilan aplikasi seperti UI, desain yang diperlukan lainnya adalah desain web. Karena web dapat digunakan untuk tempat berjualan dan memasarkan produk, maka tampilan desainnya juga harus terlihat menarik dan mudah dipahami oleh masyarakat. Desain web yang menarik juga dapat mempengaruhi seberapa lama customer menghabiskan waktunya di halaman web tersebut akhirnya dapat membeli barang dari produk di web tersebut.

Motion Grafis

Seperti namanya, motion yang berarti bergerak, grafis tersebut membuat desain gambar yang dapat bergerak agar terlihat lebih menarik. Desain ini gabungan dari beberapa elemen desain seperti audio, gambar, video dan efek lainnya. 

Dengan menggunakan desain ini, tampilan yang terlihat tidak membosankan karena menggunakan animasi gerak. Biasanya digunakan untuk pemasaran animasi, iklan, games, situs web dan tampilan digital lainnya.

 Environmental graphic design

Environmental graphic design  ini atau biasa disebut dengan Desain grafis lingkungan. Desain ini menggunakan keunggulan dari lingkungan sekitar, seperti tata ruang, teknik arsitektur dalam menyampaikan pesan kepada audience. Dampak yang dihasilkan bukan hanya semata kepuasan mata pengunjung, tetapi pengalaman mereka juga akan berbeda sebelumnya.

Nah, jadi itu merupakan macam macam desain grafis yang perlu kamu ketahui dalam keperluan bisnis mu. Tentunya dalam menggunakan model desain grafis ada kekurangan dan kelebihannya. Tentukan model desain mana yang cocok untuk kepentingan tujuan dan jenis marketingnya. Selamat mencoba !

 

 

Default image
Ronaldo Nongsina