Instagram Tools Gratis untuk Tingkatkan Engagement Rate

Saat ini Instagram telah menjadi salah satu tools atau platform terpopuler yang tidak hanya berfungsi untuk mengunggah foto maupun video, tetapi telah menjadi strategi marketing yang sangat berpengaruh di dunia digital. Banyaknya jumlah konten yang ada mengharuskan pengguna untuk berpikir kreatif jika ingin memiliki konten yang lebih menonjol dari yang lainnya. 

Namun, konten yang kreatif dan estetis tidaklah cukup untuk menarik perhatian pengguna. Diperlukan rincian strategi yang dapat membuat pengguna lebih interaktif dengan konten yang diunggah. Interaksi dalam hal ini dapat berupa jumlah view, like, komentar ataupun followers. Jumlah interaksi ini yang biasa disebut dengan Engagement Rate. Semakin tinggi Engagement Rate, maka semakin besar pula peluang untuk menarik perhatian audiens yang sesuai dengan target pemasaran.

Maka tidak heran jika saat ini bermunculan berbagai tools untuk meningkatkan Engagement Rate pada Instagram. Tanpa perlu merogoh kocek, berikut enam Instagram Tools gratis yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan Engagement Rate Instagram-mu! Apa saja tools gratis yang dapat digunakan untuk konten Instagram? Simak penjelasannya di bawah ini!

Instagram Insight

Instagram Insight dapat dimiliki secara gratis karena akan secara otomatis muncul ketika menggunakan akun Instagram Bisnis. Meski gratis, tools ini memiliki fitur yang cukup lengkap untuk keperluan analisis maupun memonitor perkembangan akun.

Kamu dapat mengetahui demografi audiens, postingan yang paling populer, impresi followers dan jangkauan konten. Selain itu, kamu juga dapat membandingkan kinerja postingan biasa dengan postingan yang menggunakan Instagram Ads. Hal ini memudahkan kamu untuk dapat mengetahui efektivitas dari setiap strategi pemasaran yang kamu gunakan. Tools ini sangatlah cocok untuk menganalisis sebuah postingan individu ataupun akun Instagram secara keseluruhan

instagram tools

© Pexels

Later

Later merupakan tools berupa website yang memiliki berbagai fitur seperti mengatur penjadwalan posting di Instagram. Selain itu Later juga dapat digunakan untuk melihat preview konten sebelum dipublikasikan, sehingga kamu dapat melihat tatanan feed sebelum diunggah. Kamu juga dapat melakukan riset hashtag dan juga melakukan regram. Pada fitur penjadwalan konten, kamu dapat mengatur postingan gambar, video, story, hingga postingan album foto. Namun, untuk penjadwalan video dan story hanya tersedia dalam versi berbayar. Semua fitur ini dapat kamu gunakan secara gratis untuk satu pengguna dengan sebanyak 30 post per bulan. Maka dari itu tools ini sangatlah cocok bagi kamu yang memiliki banyak kegiatan, sehingga dapat membantu strategi pemasaran yang lebih terstruktur di  Instagram.

Phlanx

Phalnx merupakan tools kalkulator engagement yang gratis dan mudah digunakan. Tools ini dapat digunakan untuk menyaring calon influencer maupun creator yang cocok untuk mewakilkan bisnis/akun kamu. Untuk menggunakan Phlanx, kamu hanya perlu mengunjungi website mereka, klik handle Instagram (ketik Username/link unik di profil Instagram kamu) agar dapat melihat jumlah followers, tingkat engagement, likes dan komentar di setiap postingan Instagram kamu.

Tools ini sangatlah cocok bagi kamu yang ingin melihat perkembangan sebuah akun Instagram. Seberapa banyak pengguna lain berinteraksi dengan konten-konten yang ada sehingga nantinya dapat menentukan efektivitas dari strategi yang sudah dilakukan.

Auto-Hash

Hashtag merupakan salah satu fitur terpenting dalam Instagram karena merupakan bagian dari fitur pencarian pada aplikasi ini. Sehingga menentukan kata-kata hashtag yang tepat sangatlah penting dalam menaikan interaksi konten. Auto-Hash dapat menjadi salah satu pilihan mu dalam menentukan hashtag yang cocok untuk postingan mu. Tools ini sudah menggunakan Artificial Intelligence(AI)  untuk mengenali objek yang ada dalam sebuah gambar sehingga dapat memberikan rekomendasi hashtag yang sesuai berdasarkan objek pada gambar tersebut.

Berbeda dengan beberapa tools hashtag lainnya, Auto-Hash akan secara otomatis membatasi rekomendasi hashtag sebanyak 30 hashtag. Sehingga kamu tidak perlu memilih kata-katanya lagi agar sesuai dengan persyaratan Instagram. Ketika sudah memilih hashtag, kamu dapat langsung menyalinnya ke caption pada postingan mu. 

Socialblade

Banyaknya konten yang ada pada Instagram tentunya dapat menimbulkan sebuah persaingan antar akun Instagram. Oleh karena itu, untuk dapat memenangkan persaingan ini, kamu juga perlu melihat perkembangan akun dari kompetitor. Salah satu tools gratis yang bisa kamu gunakan adalah Socialblade. Tools ini berfungsi untuk menganalisis konten dan memberikan statistik dari suatu akun Instagram. Untuk dapat menggunakannya, kamu dapat mengunduh aplikasinya secara gratis. Lalu, masukkan username untuk melihat hasil analisis.

Disitu kamu dapat melihat data berupa jumlah followers, konten, engagement rate, dan rata0rata jumlah like hingga komentar untuk semua jenis akun. Sehingga kamu juga dapat melakukan analisis pada akun kompetitor mu. Selain rangkaian analisis, tools ini juga menyediakan serangkaian tren yang sedang terjadi di Instagram pada satu waktu. Hal ini dapat kamu gunakan untuk membuat rencana pemasaran pada akun Instagram mu. 

Squarelovin

Squarelovin merupakan tools Instagram gratis yang menyediakan sebagian besar informasi yang diperlukan untuk menganalisis kemajuan akun Instagram mu sepanjang tahun. Contohnya, kamu dapat mendapatkan analisis bulanan dari unggahan atau riwayat posting yang telah dipilah berdasarkan bulan, hari bahkan jam. 

Tools ini juga menyediakan ketertarikan atau minat dari followers mu dan cara untuk mendorong interaksi yang lebih banyak dari postingan mu. Kamu juga dapat mengetahui waktu terbaik untuk mengunggah suatu konten, dengan menyesuaikan waktu dimana sebagian besar followers mu menggunakan Instagram. 

Nah itulah 6 tools Instagram gratis yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan engagement rate. Dengan metode analisis yang tepat, kamu dapat menggunakan metrik yang ada untuk mengembangkan akun Instagram mu. Jika kamu memiliki modal lebih, atau kurang puas dengan fitur gratis, kamu bisa mencoba fitur premium agar dapat menarik audiens yang lebih banyak.

 

Default image
Max Edmund