Insight Instagram, Tools Analitik dari Instagram

Sosial media yang sudah banyak digunakan untuk keperluan marketing salah satunya adalah Instagram. Seperti media sosial lainnya, instagram juga memiliki tools analitik untuk melacak konten yang sudah dibuat, bernama Insight Instagram.

Guna sebuah konten agar dilacak adalah kita bisa melihat seberapa jauh dan efektif konten yang kita buat kepada audience. Dengan begitu, kita bisa membuat bahas evaluasi kepada team marketing atau pembuat konten.

Sekarang, kita akan membahas khusus mengenai Insight Instagram dan bagaimana cara penggunaanya.

Pengertian Insight Instagram 

Pengertian umum dari insight instagram adalah alat analitik dari instagram untuk melihat data demografi bagi orang yang memfollow, komentar atau like di konten kamu. Dengan adanya tools tersebut kamu dapat membuat analisa dan evaluasi terhadap konten yang kamu buat kedepannya.

Cara menggunakan Insight Instagram

Ubah mode ke Akun Bisnis

Berikut adalah cara bagaimana akun instagram kamu diubah menjadi Akun Bisnis:

  1. Pilih Setting 
  2. Pilih Akun
  3. Lihat pilihan paling bawah, menambah akun bisnis, atau dalam bahasa inggris “add new professional account”
  4. Isi profil tentang deskripsi diri kamu dalam akun tersebut. Misalnya sebagai Editor, Entrepreneur, dan banyak pilihan lainnya.
  5. Setelah itu ikuti petunjuk dari Instagram, seperti mengisi email atau contact person sampai selesai.
  6. Akun bisnis kamu siap dipakai.

instagram

©Pexels

Cara melihat Insight Instagram di Beranda 

Jika kamu sudah merubah akun menjadi akun bisnis, kamu dapat melihat insight di beranda profil kamu. Tab Insight terletak di bawah biografi kamu. Dalam insight, kamu dapat melihat interaksi follower atau akun lain terhadap akun kamu setidaknya dalam kurun waktu 7 hari sebelumnya.

Berikut kategori data yang dapat kamu lihat di Insight Instagram :

Account reached

Account reached adalah data jumlah akun yang telah melihat profil akun kamu ataupun yang melihat postingan kamu. Adapun kategorinya masing-masing, seperti :

  1. Impression, jumlah user yang telah melihat postingan kamu selama 1 minggu kebelakang
  2. Profile visit, jumlah follower yang telah melihat akun instagram kamu selama 1 minggu
  3. Content reach, merupakan data yang menunjukan konten mana yang telah mendapatkan reach paling banyak selama 1 minggu.
  4. Email clicks, mengetahui seberapa banyak pengunjung yang telah meng-click tombol email kamu yang tertera untuk mengambil langkah lebih jauh.
  5. Website clicks, mengetahui seberapa banyak yang telah mengunjungi link website yang ada di profil bisnis kamu.

Content interaction

Content interaction berarti data yang menunjukan seberapa besar interaksi yang kamu dapat dari konten yang kamu buat. Bentuk interaksi yang didapat berupa like, komentar dan share, ataupun save.

Jumlah Follower

Dalam insight instagram ini, kamu dapat melihat jumlah follower kamu berdasarkan profil demografinya. Data tersebut menunjukan follower kamu berdasarkan asal kota atau negara, rentan umur, jenis kelamin. Kenaikan follower kamu juga terdata disini selama 7 hari atau sampai 90 hari kebelakang dalam hitungan persen.

insight instagram

©Pexels

Melihat Melalui Postingan

Melihat Insight Instagram melalui postingan masing-masing yang sudah dibagikan juga bisa. Caranya adalah dengan memilih tombol view insight di salah satu konten yang kamu buat, kamu bisa melihat data seperti profile visit, like, komentar, sharing, save dan jumlah reach.

Kamu bisa melihat data bagaimana audience dapat menemukan konten kamu dari home, search, profile , hashtag, lokasi di tombol Discovery bagian paling bawah. 

Melihat Melalui Stories

Melihat insight melalui stories instagram yang kamu bagikan juga mudah. Kamu hanya perlu membuka stories instagram, lalu memilih tombol seen di bagian kiri bawah.Dari data ini, kamu bisa melihat siapa saja yang melihat stories kamu, total impression, reach atau tindakan yang follower lakukan kepada konten tersebut. Contohnya adalah membalas konten tersebut atau reaction lainnya.

 

Analitik dari Insight instagram memberikan data-data yang lengkap mengenai demografi interaksi kepada konten yang kamu buat. Cara ini sangat berguna untuk kamu yang sedang melakukan bisnis ataupun sedang membranding diri kamu sendiri. 

Data tersebut lalu dianalisis dan dijadikan bahan evaluasi bagi bisnis kamu, konten apa yang mendapat interaksi terbanyak dari audience dan yang tidak. Dari situ kamu bisa membuat konten yang lebih baik dan sesuai dengan target marketing dan audience kamu. Selamat mencoba !

 

Default image
Ronaldo Nongsina