Apa itu Influencer dan Manfaatnya untuk Bisnis Kamu!

Sebagai pengguna media sosial media aktif, pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah influencer bukan? Influencer adalah pengguna yang kamu temui di media sosial sebagai seseorang dengan pengikut yang banyak dan mempunyai banyak konten. Melihat dari segi digital marketing, dapat kamu lihat bahwa seorang influencer mempunyai reach yang banyak.

Sebelum kita bahas lebih dalam influencer, mari kita bahas secara bertahap tentang apa itu influencer, tugas dari inluencer, dan apa saja manfaat yang bisa influencer berikan untuk bisnis kamu.

Penjelasan tentang Influencer

apa itu influencer

© Pexels

Seperti yang kita bahas sebelumnya, secara sederhana influencer adalah seseorang dengan pengikut yang banyak dan mempunyai dampak yang besar dalam media sosial. Maka dari itu, seringkali brand dan perusahaan menggunakan jasa mereka dalam kegiatan marketing mereka. Influencer ini berasal dari kata influence yang berarti dampak.

Sesuai namanya, influencer bisa memberikan dampak yang besar bagi pengikutnya di media sosial. Influencer bisa seorang blogger, youtuber, ataupun selebritis. Intinya, influencer seringkali menjadi trend setter atau pembuat trend di kalangan media sosial. Dengan pengikut yang banyak, influencer seringkali membuat konten yang viral.

Dengan kemampuan influencer dalam mengajak pengikutnya dan memberikan dampak pada pengikutnya, brand ataupun perusahaan seringkali menggunakan strategi influencer marketing untuk mendapatkan brand awareness pada produk ataupun jasa yang dijual.

Pada dasarnya influencer dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan pengikut dan dampaknya pada media sosial.

1. Influencer Mikro

Influencer mikro ini disebut mikro karena biasanya mereka mempunyai pengikut sebanyak lebih dari 10 ribu pengikut. Walaupun terdengar tidak efektif, tetapi influencer mikro biasanya mempunyai keterikatan terhadap pengikutnya lebih dalam dibandingkan influencer lainnya. Selain itu, biasanya influencer mikro sudah mempunyai niche yang jelas.

2. Influencer Makro

Influencer makro ini mempunyai sekiranya lebih dari 100 ribu pengikut. Biasanya influencer ini sudah lebih banyak dikenal pada kalangan media sosial. Sehingga untuk memasarkan produk dan mendapatkan brand awareness lebih banyak sangat memungkinkan menggunakan influencer makro.

3. Influencer Mega

Influencer mega ini adalah influencer dengan pengikut yang sudah berjumlah lebih dari 1 juta pengikut. Biasanya influencer mega ini datang dari kalangan selebritis atau professional dalam sebuah bidang. Jangkauan dari influencer mega ini sangat bagus ketika kamu ingin mendapatkan brand awareness dengan engagement yang besar.

Tugas dari Influencer

Sebenarnya tugas dari influencer terbilang sederhana. Influencer yang disewa oleh brand atau perusahaan yang ingin memasarkan barangna biasanya mempunyai tugas berbagai macam. Tetapi yang jelas adalah melakukan kegiatan promosi dari produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan atau brand.

Marketer seringkali meminta influencer untuk membuat konten terkait produk atau jasa yang dijual. Biasanya konten yang diminta bisa berupa video, foto, ataupun bahasan review pada blog. Yang pasti, influencer harus memberikan promosi melalui media sosialnya dan memberikan laporan tentang capaian keberhasilannya kepada brand atau perusahaannya.

Manfaat Influencer untuk Bisnis

manfaat influencer adalah

© Pexels

Influencer sudah pasti sangant memberikan manfaat yang baik untuk bisnis kamu dalam berbagai aspek. Bisa dari segi awareness ataupun transaksi yang akhirnya dilakukan oleh audiens. Tetapi ada beberapa manfaat lainnya dari menggunakan influencer untuk bisnis kamu.

1. Membuat pusat perhatian pada produk

Ketika kamu menggunakan seorang influencer untuk promosi, kamu pastinya akan bisa menarik perhatian netizen untuk melihat produk kamu. Biasanya hal ini sering terjadi pada brand yang menggunakan influencer mega pada bisnisnya. Tetapi hal ini juga bergantung pada kualitas konten maupun strategi marketing yang digunakan.

2. Membangun Kredibilitas Produk

Karena kamu menggunakan influencer, biasanya konsumen akan lebih mudah percaya terhadap produk atau jasa yang kamu promosikan. Hal ini dikarenakan dampak yang diberikan oleh influencer tersebut. Pengikut dari influencer akan lebih mudah terkena dampak dari promosi yang dilakukan.

3. Membangun Relasi Konsumen 

Dengan adanya influencer, hal ini akan sangat baik untuk membuat konsumen lebih dekat dengan produk. Sehingga, kedekatan konsumen terhadap produk akan dengan mudah karena di jembatani oleh influencer.

Sekian penjelasan tentang influencer dan manfaatnya untuk bisnis kamu. Menarik bukan?

Default image
Max Edmund