Apa itu Impression Instagram? Apa Bedanya dengan Reach?

Instagram mempunyai tools yang bernama Insight Instagram yang berfungsi untuk melihat engagement audience terhadap konten anda. Istilah yang ada di dalamnya salah satunya adalah Impression Instagram.

Istilah dalam tools tersebut tentunya berfungsi untuk strategi marketing kita dalam mengembangkan produk atau brand. Dalam artikel tersebut, kita akan berfokus apa pengertian dari Impression dan bedanya dengan Reach Instagram. Simak penjelasan berikut !

Perbedaan Reach dan Impression Instagram

Selain Impression, ada istilah lainnya seperti Reach. Tapi, terkadang orang-orang awam bingung dalam membedakan antara Reach dan Impression di Instagram dan apa fungsinya masing-masing. Berikut perbedaan antara Reach dan Impression dalam Instagram yang perlu kamu ketahui.

Impression 

Impression adalah tools untuk melihat seberapa banyak konten kamu tertayang di layar atau dilihat oleh audience. Jadi semisal konten anda mempunyai Impression mencapai 300. Ini berarti konten anda telah tayang di handphone pengguna sebanyak 300 kali.

Reach

Reach merupakan matriks mengukur jumlah pengguna unik yang telah melihat konten kamu. Jadi misalnya anda melihat reached account berjumlah 100, maka ada 100 akun yang telah melihat konten kamu. 

Biasanya jumlah Impression lebih banyak dibandingkan jumlah Reach. Ini karena dalam 1 user dapat menghasilkan lebih dari 1 impression. Jadi jika 1 akun telah melihat konten mu sebanyak 4 kali, maka impressionnya akan tercatat 4 dan reach nya tetap 1.

Perbedaan Reach dan Impression dalam Tujuan Marketing

Dalam bermarketing, kedua hal tersebut juga mempunyai tujuan yang berbeda-beda. Fokus kedua hal tersebut membantu kamu dalam tujuan marketing. Lalu, mana yang lebih baik ?

Fokus Reach

Jika kamu berfokus dalam mencari kesalahan dari konten mu, reach merupakan indikator yang bagus.

Misalnya kamu mendapatkan banyak jangkauan tetapi tidak memiliki konversi, berarti kamu harus memperbaiki konten tersebut. Konten yang baik seharusnya dapat menarik pengguna baru, bukan hanya memiliki jangkauan yang luas.

Fokus Impression

Fokus dari impression berguna untuk melacak konten kamu dari waktu ke waktu. Jika kamu menggunakan iklan dan mendapat impression yang rendah, perlu dievaluasi konten iklan yang kamu buat.

Matriks impression juga menilai apakah audience kamu terlalu kewalahan dengan banyaknya iklan di layar mereka. Dengan begitu cara menanganinya adalah dengan fokus kepada konten yang mendapatkan impression terbanyak, bukan dengan iklan.

impression instagram

©Pexels

Lalu mana yang harus lebih diperhatikan dalam pembuatan konten instagram ? Menurut Semesta Akademik, kedua hal tersebut sangatlah penting. Sebenarnya tergantung tujuan konten marketing kalian kemana, apakah kalian membuat konten untuk membuat konversi ? Maka matriks yang harus diperhatikan adalah Reach.

Sebaliknya ketika kalian ingin konten kalian senang dibaca atau dilihat banyak orang, Impression merupakan tools yang harus diperhatikan.

Dari artikel tersebut, kita mendapat kesimpulan bahwa kita bisa fokus ke Reach dan Impression jika kita ingin melihat seberapa efektif digital marketing kita di instagram.

Bagaimana ? apakah kalian sudah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari konten kalian melalui kedua cara tersebut ? Jangan lupa mengevaluasi dari setiap konten yang kalian buat ya !

Jika kalian ingin belajar lebih lanjut mengenai impression dan reach instagram, silahkan lihat artikel di sini. 

Default image
Ronaldo Nongsina