Hard Skill Adalah? Ini Pengertian dan 3 Tata Cara Melatihnya

Kesuksesan merupakan kombinasi antara doa dan usaha yang telah kita lakukan. Dalam usaha tersebut terdiri dari kemampuan, kemauan, tindakan, serta latar belakang lainnya. Hard skill adalah salah satu kemampuan yang bisa menjadi usaha seseorang dalam meraih kesuksesan.

Lalu, apa yang dimaksud dengan hard skill itu? Jika penasaran, langsung saja simak informasi selengkapnya mengenai hard skill dan bagaimana cara melatihnya di bawah ini.

Pengertian Hard Skill adalah

Pengertian Hard Skill adalah
Source: pexels.com

Secara garis besar, skill atau kemampuan seseorang dibagi menjadi dua, yaitu hard skill dan soft skill. Hard skill dapat didefinisikan sebagai suatu kemampuan yang dapat dipelajari dan dilatih melalui program pelatihan, pengulangan, serta pendidikan.

Dari pengertian tersebut, kamu bisa melihat bahwa hard skill ini bisa diperoleh dengan usaha karena bukan merupakan kemampuan bawaan seperti bakat pada umumnya. Untuk itu, kamu tak perlu merasa minder jika tidak memiliki hard skill.

Kamu masih bisa mendapatkannya dengan mau belajar, berlatih, dan mencoba mempraktikkannya. Setelah memperoleh hard skill, kamu akan memiliki poin tambahan yang dapat digunakan untuk bersaing dalam dunia kerja nantinya.

Contoh hard skill yang sering dibutuhkan dalam perusahaan antara lain:

  • Bidang teknologi, antara lain: kemampuan menguasai Microsoft Office (Word, Excel, Outlook, dan sebagainya.), Java Script, HTML/CSS, filing documents, CMS, typing and typing speed, Windows operating system, social media platform, dan lain sebagainya.
  • Pada bidang analisis data, antara lain: data engineering, data mining, database management, web analytics, dan lain sebagainya.
  • Pada bidang marketing, antara lain: SEO, Google Analytics, copywriting, project management, dan lain sebagainya.
  • Bidang desain, antara lain UX / UI design, photo editing, video editing, dan lain sebagainya.
  • Bidang pengembangan web, antara lan: iOS / Android app development, API, software revisions control system, dan development and web architecture frameworks.
  • Dalam bidang pemasaran, antara lain: product development, account management, competitor research, dan lain sebagainya.

Cara Melatih Hard Skill

Cara Melatih Hard Skill
Source: pexels.com

Karena hard skill ini sifatnya diperoleh dari usaha, maka untuk mendapatkannya perlu dilatih. Untuk itu, kamu bisa memakai cara berikut ini untuk melatih hard skill agar dapat kamu kuasai.

1. Praktik Secara Rutin

Semua pengetahuan yang telah diperoleh baik di bangku sekolah maupun pelatihan yang sudah kamu ikuti tidak akan bisa berkembang menjadi hard skill tanpa adanya praktik. Lakukan praktik secara rutin mengenai apa yang sudah kamu pelajari selama ini.

Misalnya, kamu sebelumnya telah diajari dasar-dasar Microsoft Word, untuk mengembangkannya lakukan latihan mengetik dengan memakai fitur-fitur yang sudah ada di dalamnya. Jika dilakukan secara teratur dan konsisten, lambat laun kamu akan dapat menguasainya.

2. Minta Pendapat Ahli

Setelah mencoba berlatih secara konsisten, selanjutnya kamu bisa meminta pendapat dari teman, keluarga, maupun rekan kerja yang memang sudah menguasai bidang tersebut. Minta kritik dan saran maupun rekomendasi agar hard skill kamu di suatu bidang bisa meningkat.

3. Ikut Kursus

Dengan mengikuti kursus, kamu akan memperoleh lebih banyak pengetahuan yang tidak akan kamu ketahui dengan belajar secara otodidak. Ikuti kursus yang sesuai dengan bidang apa yang ingin kamu asah agar menjadi hard skill.

Selain kursus, cara yang dapat kamu lakukan untuk menambah wawasan tentu saja dengan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi seperti universitas. Dengan belajar di perguruan tinggi mengenai bidang yang ingin dikuasai, kamu bisa lebih fokus di bidang tersebut.

Sama seperti kesuksesan, hard skill adalah sesuatu yang bisa didapat dengan usaha dan kerja keras. Untuk itu, jangan pernah berhenti belajar dan berlatih agar hard skill-mu dapat terasah dengan baik.

Default image
Mendy