Apa itu Facebook Ads Library dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Dalam dunia digital marketing, ada beberapa strategi marketing yang bisa digunakan. Selain itu, ada juga beberapa platform media yang bisa kamu gunakan. Facebook ads library adalah salah satu contoh strategi marketing menggunakan platform Facebook untuk eksekusi. Tools ini termasuk dalam social media marketing dalam digital marketing.

Pastinya bagi kamu yang merupakan pengguna aktif dari media sosial Facebook akan sering menjumpai konten dengan tanda “iklan” pada konten tersebut. Iklan tersebut adalah kampanye promosi yang dilakukan brand menggunakan tools Facebook ads library untuk mendapatkan awareness atau call to action dari platform Facebook.

Sebelum kita bahas lebih lanjut cara penggunaannya, mari kita bahas kira – kira apa itu Facebook ads library.

Pengertian 

apa itu facebook ads library

© Pexels

Secara sederhana, Facebook ads library adalah fitur yang disediakan oleh Facebook untuk melihat iklan yang ada pada Facebook. Dengan tools ini, kamu bisa melihat iklan yang ada pada Facebook. Fungsinya, kamu bisa melihat dan melakukan analisa terhadap target pasar kamu dan melihat kompetitor.

Tools ini secara keseluruhan mempunyai fungsi untuk melihat bentuk iklan dan iklan yang ada pada Facebook. Selain kamu melihat iklan apa saja yang ada di Facebook, kamu juga bisa melihat ads copy, image, dan targeting audience. Data ini bisa kamu lihat untuk kepentingan analisis bisnis kamu.

Cara Menggunakan 

cara menggunakan facebook ads library

© Pexels

Setelah mengetahui kurang lebih apa itu Facebook ads library dan pengertiannya, sekarang kita akan membahas bagaimana cara menggunakan tools ini untuk melakukan analisis untuk bisnis kamu.

Yang pertama, kamu tentunya harus mempunyai akun Facebook untuk membuka tools ini. Setelah itu, kamu bisa ke bagian ads library dari Facebook. Setelah itu, yang akan kamu lakukan adalah menyiapkan setup. Kemudian, kamu bisa memilih target iklan yang kamu inginkan.

Berikutnya, setelah kamu sudah memilih lokasi yang kamu inginkan, kamu bisa memilih kategori iklan yang kamu inginkan. Di page tersebut kamu akan menemukan dua pilihan kategori yaitu semua iklan dan itu ataupun pemilu dan politik. Setelah itu kamu bisa mencari iklan yang kamu inginkan menggunakan kata kunci tertentu di bagian search button Facebook ads library.

Manfaat 

Dengan menggunakan tools ini, tentunya ada banyak kelebihan dan manfaat yang bisa kamu gunakan untuk kepentingan bisnis kamu. Secara singkat, kamui bisa melihat iklan yang ada di Facebook dan melakukan analisis. Tetapi ada beberapa manfaat lain yang bisa kamu dapatkan.

1. Melihat Target Utama Kompetitor 

Dengan Facebook ads library, kamu bisa menganalisis kompetitor yang kamu hadapi. Kamu bisa melihat iklan yang mereka gunakan dan menggunakan metode amati, tiru, modifikasi untuk iklan kamu. Atau, kamu juga bisa menggunakan data ini untuk mempelajari diferensiasi potensi target audiens dari kompetitor bisnis kamu.

2. Konversi Penawaran Kompetitor

Ketika kamu menemukan target audiens yang sama persis, kamu bisa menggunakan tools ini untuk melihat valur proposition yang ditawarkan kompetitor kepada audiens. Penawaran ini bisa mempengaruhi keputusan pembelian dari target audiens kamu apakah mereka akan memilih produk kamu atau kompetitor.

3. Meningkatkan Copywriting Bisnis 

Dengan adanya tools ini kamu bisa melihat kumpulan dari iklan – iklan yang ada pada Facebook. Sehingga, dengan adanya refrensi dari pihak lain, apalagi dengan keyword yang sama, kamu bisa menambahkan wawasan kosa kata dan strategi copywriting 

Secara keseluruhan, kamu bisa menyimpulkan bahwa tools dari Facebook ini bisa membantu kamu untuk melakukan analisis dan membantu kamu untuk mencari referensi. Sekian penjelasan untuk Facebook ads library. Bagaimana, mudah bukan?

Default image
Max Edmund