Panduan Lengkap Menjalankan Email Marketing yang Efektif

Di era yang serba digital seperti saat ini, sepertinya hampir setiap orang menggunakan email dalam aktivitasnya sehari-hari. Baik ketika menggunakan media sosial, menelusuri internet, bahkan ketika pertama kali menggunakan ponsel email menjadi keperluan utama. Sehingga, email marketing adalah salah satu tools marketing yang mulai berkembang pesat dan telah digunakan banyak perusahaan sebagai strategi pemasarannya.

Namun sebagai salah satu strategi pemasaran yang cukup ampuh, persaingan dalam dunia email marketing cukuplah ketat. Untuk itu diperlukan pemahaman yang mendalam dalam membuat kampanye yang lebih menonjol dari email lainnya.

Ingin tahu penjelasan lengkap mengenai apa itu email marketing, kenapa penting untuk dilakukan serta apa saja tips dan trik yang harus dilakukan untuk membuat email marketing yang sukses? Simak penjelasan di bawah ini, ya!

email marketing adalah

© Pexels

Apa itu Email Marketing?

Secara sederhana, email marketing adalah jenis pemasaran melalui email yang berisi konten komersial yang dikirimkan ke pelanggan atau calon pelanggan. Konten ini dapat berisi informasi tentang produk, promosi ataupun berita terkini lainnya. Email marketing dapat menjadi cara paling efektif untuk terhubung dengan pelanggan potensial dan bahkan mengarahkan mereka untuk dapat menjadi pelanggan setia brand kamu.

Kenapa perlu menggunakan Email Marketing?

Saat ini mungkin kamu bertanya-tanya, seberapa efektifkah strategi email marketing? Terutama di tengah pesatnya perkembangan teknologi pemasaran, seperti pemasaran melalui media sosial, iklan Google atau pemasaran digital lainnya.

Strategi email marketing tidak hanya berperan untuk mempromosikan produk atau layanan perusahaan saja, namun juga membangun loyalitas pelanggan. Pemasaran melalui email memainkan peran penting dalam meningkatkan brand awareness,  membangun kepercayaan pelanggan serta menarik minat calon pelanggan melalui berbagai jenis campaign menarik. Berbagai statistik juga menunjukkan bahwa penggunaan email marketing masih sangat efektif dalam menjangkau calon pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Selain menjadi strategi yang efektif dalam pemasaran digital, email marketing juga menawarkan biaya yang relatif murah. Dibandingkan dengan jenis pemasaran konvensional pada umumnya, email marketing dapat memberikan hasil yang maksimal dengan biaya terjangkau.

Strategi Sukses Menjalankan Email Marketing

Nah, setelah mengetahui pengertian serta keuntungan menggunakan email marketing, apa saja sih strategi yang tepat untuk melakukan email marketing yang efektif?

Tentukan Target Pemasaran

Pertama-tama lakukan riset tentang email marketing pada industri bisnismu. Cari tahu tentang rata-rata penjualan yang berhasil dilakukan melalui pemasaran email. Ingat juga untuk mencari skala bisnis dan target market yang sesuai dengan bisnismu.

Gunakan data yang sudah terkumpul sebagai acuan untuk menetapkan tujuan yang realistis dalam menjalankan campaign email marketing.

Segmentasi user & Personalisasi koten

Seperti halnya jenis pemasaran lainnya, pertama-tama cari tahu persona pelangganmu dan pahami minat mereka. Ketika sudah memahami minat sasaran penjualan, kelompokkan pelanggan berdasarkan minat, usia, lokasi, dan segmentasi lainnya yang sekiranya diperlukan. Sehingga kampanye yang akan dijalankan dapat disesuaikan dengan profil kelompok tersebut.

Jangan lupa untuk menginformasikan kepada calon pelanggan tentang jadwal email dan seberapa sering mereka akan menerimanya. Hal ini dapat membangun kepercayaan pelanggan serta membantu mereka mengingat brand-mu.

Siapkan konten yang responsif di semua perangkat

DIbandingkan dengan membuka email melalui desktop atau web, pengguna lebih sering membuka email melalui ponsel. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengemas dan memaksimalkan jenis email yang mobile-friendly.

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika membuat email yang mobile-friendly diantaranya adalah ukuran dan panjang teks di badan email, penempatan ornamen atau gambar produk di banner email, serta ukuran tombol CTA (Call to Action) agar lebih nyaman ketika dibaca melalui perangkat seluler.

Analisis Hasil Pemasaran

Langkah terakhir yang tidak kalah pentingnya dengan tahapan lainnya adalah menganalisis kinerja dari email marketing yang sudah dilakukan. Tujuannya adalah untuk mengukur efektivitas kampanye pemasaran. Kamu dapat menggunakan tolok ukur yang sudah kamu tentukan di awal proses untuk melihat tingkat keberhasilan pemasaranmu.

Selain itu, untuk mengoptimalkan performa email marketing, kamu juga dapat melakukan metode A/B Testing atau uji coba campaign. Baik dari segi subject, body copy maupun CTA yang ada pada email. Pastikan semua sudah sesuai dengan target pemasaran sehingga dapat memberi hasil pemasaran yang optimal.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum melakukan pemasaran melalui email. Email marketing saat ini maupun di masa mendatang masih menjadi pilihan pemasaran digital yang paling efektif untuk diterapkan. Strategi-strategi ini merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan penjualan serta brand awareness bisnismu. Selamat mencoba!

Default image
Max Edmund