Pengertian Ekonomi Kreatif dan Faktor Pendorongnya di Tahun 2022 

Seperti yang sudah kita tahu, sejak tahun lalu bapak Presiden kita sudah mengajak kita untuk mulai memajukan ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif adalah salah satu industri yang sedang sangat menjamur di kalangan masyarakat di kota maupun desa. Banyak orang yang mulai menggagas ekonomi kreatif untuk mendukung kesejahteraan bisnisnya.

Namun, mungkin beberapa dari kalian ada yang sudah sering sekali mendengar kata ekonomi kreatif di beberapa tahun belakangan ini tapi belum tahu artinya. Ekonomi kreatif ini adalah salah satu gagasan dalam memajukan kesejahteraan suatu perusahaan, bisnis, maupun UMKM kecil. Untuk lebih lengkapnya, mari kita bahas apa itu ekonomi kreatif terlebih dahulu.

Apa itu Ekonomi Kreatif?

ekonomi kreatif adalah

© Pexels

Sebenarnya ekonomi kreatif adalah salah satu sektor perekonomian yang mengutamakan ide dan pengetahuan yang berkonsep kreatifitas dari manusia yang berperan sebagai faktor produksi utamanya. Artinya, ekonomi kreatif mempunyai dasar ide manusia yang baru, unik, dan inovatif. Seperti namanya, konsep perekonomian ini akan mengutamakan kreativitas, ide, dan inovasi dari sumber daya manusia.

Dalam perjalanan ekonomi kreatif di Indonesia, pada tahun 2006 ekonomi kreatif sudah sangat membantu mengembangkan ekonomi di Indonesia. Pada tahun 2006, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono memberikan instruksi untuk pelaku ekonomi di Indonesia agar mempunyai gagasan ekonomi kreatif. Kemudian instruksi ini membantu perkembangan ekonomi di Indonesia pada masa itu.

Saat ini, Indonesia juga mempunyai Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kemenparekraf yang secara khusus membantu pelaku ekonomi di Indonesia agar bisa memahami gagasan ekonomi kreatif. 

Faktor Pendorong Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif tentunya bisa terbentuk dan berkembang apabila ada hal – hal yang membantu mendorongnya. Ada beberapa faktor pendorong ekonomi kreatif yang bisa kamu bandingkan.

Kreativitas dalam Sektor ekonomi

Tentu saja kreatifitas harus menjadi sebuah gambaran besar dalam memunculkan ide dan gagasan. Gagasan dan ide kreatif ini juga harus mempunyai syarat seperti harus baru, pengembangan, atau remodel dari sesuatu yang sudah ada.

Kemajuan Teknologi

Tumpuan utama dalam ekonomi kreatif sebenarnya juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang terjadi. Hal ini bisa membantu perkembangan ekonomi kreatif karena kemajuan teknologi bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan ekonomi kreatif dengan riset yang lebih memadai dan tentunya berkualitas.

Sumber Daya Manusia

Tentunya, sumber daya manusia menjadi salah satu faktor pendorong yang penting dalam ekonomi kreatif. Hal ini karena sumber daya manusia menjadi penggerak utama dalam perekonomian. Semakin bagus sumber daya manusia, maka ekonomi kreatif akan lebih mudah terdorong.

Kemudahan Komunikasi

Akses komunikasi untuk para pelaku ekonomi sangat penting. Dengan adanya kemudahan akses komunikasi yang semakin baik, maka perekonomian kreatif bisa semakin terkejar. Hal ini juga bisa membantu pelaku ekonomi kreatif untuk bertukar ide.

Media Sosial

Faktor pendorong terakhirnya adalah media sosial. Media sosial adalah salah satu hal yang pasti sudah sering kamu jumpai di kehidupan sehari – hari. Tetapi perlu kamu ketahui banyak pelaku ekonomi yang menggunakan media sosial untuk kepentingan bisnis mereka. Sehingga, dengan media sosial yang memadai setiap pelaku ekonomi dapat terdorong untuk menuju ekonomi kreatif.

Sekian penjelasan kami tentang pengertian dari ekonomi kreatif dan apa saja faktor pendorongnya. Kamu bisa mulai menerapkan ekonomi kreatif pada setiap bisnis yang kamu jalani atau sekedar sebagai orang dewasa yang sudah bekerja. Jangan lupa juga, ekonomi kreatif bisa membantu mendorong kesejahteraan negara kita lho!

 

Default image
Max Edmund