Desain Grafis adalah Salah Satu Pekerjaan Paling Diminati di 2022!

Para pecinta seni pastinya tidak jauh dengan pekerjaan desain grafis. Pekerjaan desain grafis adalah pekerjaan yang memerlukan keahlian dalam menggambar, ilustrasi, animasi, ataupun layouting. Selain itu, desain grafis juga harus mempunyai kemampuan untuk berpikir kreatif dalam melakukan desain yang dilakukannya secara visua.

Pastinya pekerjaan desain grafis ini sudah sering kamu dengar di era modern awal tahun 2021 ini. Tentunya karena pekerjaan ini adalah pekerjaan yang beririsan dengan hobi maka semua orang ingin menjadi seorang desainer grafis. Tetapi ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum kamu memutuskan menjadi seorang desain grafis.

Apa itu Desain Grafis?

desain grafis adalah

© Pexels

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, desain grafis adalah pekerjaan yang menciptakan karya visual untuk keperluan penerbitan media cetak maupun elektronik. Secara dasanya, desain grafis mempunyai tugas untuk membuat karya untuk kepentingan komersil maupun non – komersil dari suatu perusahaan.

Desainer grafis harus bisa mengkomunikasikan idenya untuk memberikan informasi pesan melalui visual. Desainer grafis juga mempunyai tugas untuk menyampaikan sebuah pesan atau informasi secara visual tanpa harus bertele – tele. Biasanya desainer grafis mempunyai peluan karir di berbagai bidang seperti media, elektronik, teknologi informasi, dan lainnya.

Tugas dari Desain Grafis

Sebenarnya, secara garis besar kita sudah membahas bagaimana tugas dari seorang desainer grafis. Tetapi tugas desain grafis tidak hanya terbatas disitu saja. Ada beberapa tanggung jawab lain yang mereka kerjakan.

Membuat Konsep dari Material yang Diterima

Seorang desainer grafis mempunyai tanggung jawab dalam menyiapkan konsep dari karya visual yang nantinya akan digunakan oleh client. Selain itu, seorang desainer grafis juga harus bertanggung jawab dalam merancang konsep visual dengan pesan yang diberikan oleh client.

Bertemu dengan Client / Art Director

Tidak semua desainer grafis mempunyai tanggung jawab penuh dalam membuat konsep. Ada beberapa pekerja desain grafis yang harus bertemu client untuk membahas tentang konsep visual yang akan dibuat. Tetapi ada juga beberapa desainer grafis yang mempunyai atasan yaitu Art Director yang bertugas dalam membantu merancang konsep visual.

Membuat Draft dan Konsultasi dengan Client

Setelah seorang desainer grafis mempunyai bekal materi untuk dirancang, mereka harus membuat beberapa draft atau opsi untuk client pilih nantinya. Disini, desainer grafis mempunyai tugas untuk membuat beberapa pilihan desain dan melakukan konsultasi dengan client yang ada.

Inovasi dalam Gaya Desain

Dalam mengeksekusi karya seninya, seorang desainer grafis harus mempunyai kemampuan untuk melakukan riset dalam gaya desain yang dilakukan. Hal ini sangat penting, karena gaya desain di dunia akan selalu berkembang dan mempunyai banyak pengaruh dari seluruh dunia. Maka dari itu, seorang desainer grafis harus mampu mengikuti perkembangan gaya desain yang ada.

Bekerja dengan Deadline

Walaupun banyak tugas yang harus dilakukan oleh desainer grafis, mereka juga memiliki deadline dari client. Hal ini juga sangat penting, karena proses pembuatan karya yang biasanya lama harus dikejar oleh desainer grafis agar bisa menyelesaikan sesuai dengan tuntutan deadline client. Tetapi, jangan khawatir karena kamu bisa menyesuaikan deadline client dengan kapasitas kerjamu.

Sekian penjelasan tentang pekerjaan desain grafis secara umum dari kami. Memang banyak sekali tugas dari desainer grafis yang harus diikuti. Tetapi, jangan salah karena pekerjaan ini juga bisa mendapatkan pemasukan yang besar. Jadi, bagaimana? Apakah kamu masih tertarik?

Default image
Max Edmund