Data Scientist dan Skill yang dibutuhkan

Data Scientist

Di jaman industri 4.0 ini, banyak pekerjaan yang semakin hari semakin berkembang menyesuaikan kebutuhan perusahaan dalam pengembangan usahanya. Contohnya adalah Data Scientist yang merupakan salah satu bidang dalam Data Engineering yang 10 tahun belakangan ini mulai banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan dalam membuat sebuah keputusan dan mengembangkan bisnisnya.

Data sendiri adalah sebuah aset perusahaan yang memiliki informasi penting dan dapat menentukan keberlangsungan dari perusahaan tersebut. Jika tidak dikelola dengan baik, maka perusahaan akan mengalami kesulitan dalam membuat strategi untuk mencapai sebuah tujuan tertentu dan secepatnya membutuhkan team khusus mengelola sebuah data.

Lalu, apa sih tugas utama dari seorang Data Scientist ? Skill apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan profesi tersebut secara profesional ? Di artikel ini, semua akan diulas lebih mendalam mengenai profesi yang sedang panas ini.

Pengertian Data Scientist 

Data Scientist adalah profesi seseorang yang tugasnya adalah mengolah, mengembangkan dan mengoperasikan data operational yang dapat digunakan untuk membantu perusahaan dalam mengambil sebuah keputusan penting. 

Pekerjaan ini sebenarnya tidak mempunyai pemahaman atau keahlian khusus di bidang ilmu pengetahuan alam. Memang, orang yang lulus di bidang Informatika atau Coding memiliki pemahaman yang lebih dibandingkan bidang lain, tetapi tidak menutup kemungkinan jika lulusan non-teknis juga dapat mempelajari profesi tersebut.

Software Data Scientist

©Pexels

Profesi ini menjadi profesi yang semakin banyak dibutuhkan jaman sekarang, dikarenakan kebutuhan bisnis marketing yang menggunakan big data, machine learning, dan Internet Of Thing yang bergantung terhadap skill analisa data, interpretasi data, visualisasi data dimana skill-skill tersebut tidak banyak dibicarakan 10 tahun belakangan ini.

Tugas dan Tanggung Jawabnya

Berikut merupakan beberapa tugas utama seorang Data Scientist dalam sebuah perusahaan :

  1. Melakukan research data dalam perusahaan yang nantinya akan dijadikan sebagai dasar penentu sebuah tindakan atau keputusan agar sesuai dengan tujuan perusahaan tersebut.
  2. Mengkategorikan data besar yang dimiliki agar mudah untuk dianalisa
  3. Menggunakan software programing dalam membantu mengumpulkan hasil data
  4. Mengoptimasi penggunaan Machine Learning

Skill Data Scientist

Data Representation

©Pexels

Tidak bergantung lulusan apapun, semua orang mempunyai kesempatan yang sama ketika ingin menjadi seorang Data Scientist. Orang yang ingin menekuni, juga perlu memiliki hard skill dan soft skill yang harus dikuasai oleh seseorang, berikut penjelasannya : 

Hard Skill

  1. Mahir dalam menggunakan software pemrograman seperti SQL, Java, C++
  2. Menguasai bidang statistik terapan
  3. Menguasai software Database Management seperti SQL, Pig, Oracle
  4. Dapat memvisualisasi data / Data Representation 
  5. Memahami data mining juga sangat dibutuhkan seperti Phyton, WEKA

Soft Skill

  1. Mampu bekerja sama dengan team
  2. Mempunyai skill Problem Solving yang kuat
  3. Mempunyai kemampuan membuat strategi yang baik
  4. Mampu membuat solusi berdasarkan data yang dikumpulkan

Pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan jaman sekarang akan terus berkembang sesuai dengan kemajuan teknologi. Sudah banyak kursus online yang menawarkan pekerjaan yang tidak ada di kampus, contohnya adalah Data Scientist. Tidak perlu takut untuk mempelajari pekerjaan ini walaupun kamu tidak punya pemahaman dalam bahasa coding sebelumnya. Memerlukan pembelajaran yang intensif selama beberapa bulan dan projek di akhir, akan membantu pemahaman orang awam memahami pekerjaan tersebut.

Default image
Ronaldo Nongsina