Pengertian Data Engineer, Tugas, dan 3 Keahlian yang Harus Dimiliki

Salah satu strategi yang banyak dipilih oleh perusahaan rintisan modern adalah pemakaian teknologi di segala bidang secara maksimal. Salah satu profesi yang kini banyak dibutuhkan oleh perusahaan rintisan modern adalah data engineer atau tukang data.

Lalu, apa itu tukang data? Bagaimana tugasnya dan apa saja skill yang dibutuhkan untuk bisa bekerja di posisi tersebut? Pertanyaanmu akan dijawab satu per satu melalui pembahasan lengkap di bawah ini.

Pengertian Data Engineer dan Tugasnya

Pengertian Apa Itu Data Engineer dan Tugasnya
Source: pexels.com

Profesi DE atau tukang data sering disamakan dengan profesi lain yang serupa tapi tak sama, seperti data manager dan data analyst. Ketiganya memang biasanya bekerja sama, namun ternyata punya definisi yang berbeda.

DE atau tukang data merupakan orang yang memiliki tanggung jawab terhadap infrastruktur data suatu perusahaan. Infrastruktur data yang dimaksud dapat berupa database, warehouse, pipeline, maupun sistem lain yang didesain agar dapat melakukan proses data dalam skala besar.

Karena berskala besar yang ukurannya bukan lagi ratusan bahkan bisa mencapai jutaan, maka tidak mungkin jika penampungan data tersebut dilakukan secara konvensional. Untuk itu, di sinilah peran tukang data tersebut dibutuhkan agar data dapat digunakan perusahaan.

Dari beberapa penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa tugas data engineer adalah membangun sekaligus memelihara data-data perusahaan dalam skala besar agar dapat berjalan dengan baik dan bisa digunakan.

Keahlian yang Dibutuhkan untuk menjadi Data Engineer

Keahlian yang Dibutuhkan untuk menjadi Data Engineer
Source: pexels.com

Tidak hanya pengetahuan tentang database, seorang tukang data juga memerlukan kemampuan logis dan pemrograman dasar untuk bisa bekerja dengan baik.

Kebanyakan tugas dan pekerjaan tukang data berkaitan dengan komponen IT. Oleh sebab itu, perusahaan banyak yang merekrut lulusan informatika, matematika, maupun statistika yang memang sering bergelut dengan hal tersebut.

Namun, banyak juga tukang data yang bukan berasal dari ketiga jurusan tersebut. Jika kamu berminat untuk mengambil posisi ini di perusahaan, setidaknya ada beberapa skill yang harus kamu kuasai, seperti:

1.   SQL dan Python

Pekerjaan dalam bidang IT memang sangat banyak membutuhkan seseorang yang menguasai bahasa pemrograman. Untuk bisa mengakses data dalam jumlah yang besar, kamu harus menguasai SQL atau Structured Query Language.

Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk bisa menguasai Python sebagai bahasa pemrograman yang sering dipakai untuk mengembangkan situs web hingga manajemen data. Hal ini karena bahasa Python dapat menguraikan baris kode maupun data supaya lebih mudah dibaca.

2.   Pengalaman di Bidang Komputasi Awan (Cloud Computing)

Memiliki pengalaman dalam bidang cloud computing akan sangat menguntungkan kamu jika menjadi tukang data. Komputasi awan merupakan teknologi komputerisasi yang menggunakan server internet.

Dengan teknologi ini, kamu bisa menyimpan data dari skala kecil sampai besar dari berbagai lokasi. Kamu bisa menggunakan Amazon Web Services sebagai platform cloud computing yang memang banyak digunakan untuk manajemen data.

3.   System Scripting

Skill yang dibutuhkan untuk bisa bekerja menjadi DE selanjutnya adalah pengetahuan di bidang system scripting. Kode atau perintah yang ada di dalam sebuah situs harus diterjemahkan menggunakan bahasa script terlebih dahulu sebelum diproses.

Untuk itu, pengetahuan mengenai bahasa script ini perlu kamu kuasai agar proses pengolahan data menggunakan data manager bisa dilakukan dengan mudah.

Data engineer merupakan profesi yang membutuhkan pengetahuan dan keahlian yang tinggi dalam bidang IT. Untuk itu, jika kamu ingin bekerja di bidang ini, mulailah dari sekarang dengan mempelajari bahasa pemrograman dan juga pengolahan data menggunakan teknologi komputer.

Default image
Mendy