5 Tips dan Cara Membuat PPT Menarik Perhatian Audiens

Ketika menyampaikan presentasi, tentunya Microsoft Power Point menjadi program andalan kamu untuk memberikan presentasi yang bisa menarik audiens kamu. Sudah tidak asing lagi dengan program power point ini, pastinya kamu sudah berkali – kali dijadikan cara membuat ppt yang menarik.

Program ini sering digunakan oleh kalangan pekerja kantoran ataupun di kalangan mahasiswa. Power point bisa mempermudah proses pengaturan slide atau halaman dari presentasi kamu. Maka dari itu, dengan kemudahan yang menjadi fitur Power Point seharusnya kamu bisa membuat presentasi dengan maksimal.

Dengan fitur yang sudah diberikan oleh program Power Point, jangan sampai kamu membuat presentasi dengan slide atau halaman yang flat atau membosankan bagi audiens. Maka dri itu, perlu diketahui ada beberapa cara membuat ppt atau presentasi kamu jauh lebih menarik. 

cara membuat ppt menarik

© Pexels

Cara Membuat PPT yang Menarik

Berikut ini, kami akan membahas beberapa tips dan cara untuk membuat presentasi Power Point kamu bisa menarik dengan cara yang sederhana.

1. Membuat Opening Slide dengan Faktor Wow

Awal dari presentasi adlalah hal yang sangat krusial untuk kamu. Karena awal dari presentasi yang akan kamu sajikan kepada audiens adalah kesempatan kamu untuk mendapatkan perhatian audiens. 

Pastinya kamu sudah tahu apa yang kami sebut sebagai faktor wow dari membuat opening slide presentasi kamu. Ya, opening dengan faktor wow adalah opening slide atau halaman paling depan dari presentasi yang membuat audiens dapat kamu curi perhatiannya. Kamu bisa menggunakan gambar yang mencolok atau gambar unik di depan presentasi kamu.

2. Menggunakan Tema untuk Slides

Setelah mendapatkan perhatian dari audiens, tentunya kamu bisa menggunakan warna atau gambar tambahan untuk membuat sisa presentasi kamu diperhatikan secara terus menerus. Untungnya, untuk kamu yang tidak mempunyai  skill design, Power Point menyediakan tema dengan berbagai pilihan warna yang bisa kamu gunakan.

Tidak hanya tema, kamu juga bisa mendapatkan font yang cocok dengan tema yang ada. Kamu bisa menemukannya pada tab Slide kemudian Design. Di bagian tab tersebut kamu bisa memilih tema yang disediakan oleh Power Point. Jika kamu tidak bisa menemukan tema yang kamu sukai, kamu bisa mencarinya di internet untuk pilihan lainnya.

3. Presentasi dengan Slide Master

Dalam program Power Point, ada fitur yang bernama slide master. Slide master ini adalah fitur yang membantu kamu dalam menjaga konsistensi elemen slide di presentasi kamu seperti font dan warna dari tema yang kamu pilih. Dengan begini, audiens kamu bisa mendapatkan kenyamanan visual ketika melihat slide yang kamu buat.

Kelebihan lainnya dengan adanya slide master ini adalah kamu tidak perlu mengedit setiap slide secara berulang. Hal ini karena semua slide yang kamu buat akan mengikuti visual yang ada pada slide master.

4. Gunakan Tulisan Lebih Sedikit.

Ketika membawakan presentasi,, seringkali tulisan yang ada pada slide di layar lebih banyak dibandingkan data seperti gambar ataupun infografis. Akibatnya, ketika kamu memberikan presentasi akan terkesan membaca dan audiens akan merasa percuma dalam mendengarkan presentasi kamu.

Kamu bisa menghafalkan sebagian besar poin yang ingin kamu sampaikan. Pada slide presentasi Power Point yang kamu buat, kamu tinggal memberikan data seperti angka ataupun gambar. Tujuannya, audiens akan merasa bahwa mereka perlu mendengarkan kamu, karena hal yang kamu bicarakan tidak ada di dalam slides atau halaman presentasi kamu.

Begitulah beberapa tips dan cara untuk kamu membuat presentasi Power Point agar bisa jauh lebih menarik dan mencuri perhatian audiens. Mudah bukan?

Default image
Max Edmund