Bisnis Frozen Food? Ini Peluang dan Tipsnya untuk Kamu!

Frozen Food merupakan jenis makanan yang telah diproses dan kemudian diawetkan dengan cara dibekukan di dalam freezer. Bisnis Frozen Food saat ini cukup banyak dilirik karena dapat dilakukan dari rumah saja, kapan saja, dan sangat praktis. Dengan trik dan strategi yang tepat, usaha ini dapat menarik banyak pelanggan

Artikel ini akan membahas tentang tips-tips menjalankan usaha Frozen Food serta tren perkembangan usaha ini.. Dengan begitu, kamu dapat melihat lebih dekat peluang dari bisnis frozen food, hingga perhitungan gambaran besar modal dan keuntungannya. 

bisnis frozen food

© Pexels

Peluang Usaha Frozen Food

Bisnis makanan beku atau seringkali dikenal dengan frozen food mengalami peningkatan yang cukup signifikan terutama sejak pandemi Covid-19 pada tahun 2020. Pandemi menyebabkan masyarakat harus berdiam di rumah dengan adanya peraturan social distancing, sehingga makanan beku menjadi alternatif stok makanan pilihan masyarakat karena dapat bertahan lama dan penyimpanannya yang mudah.

TIngginya permintaan frozen food membuat peluang usaha di bidang ini merambat ke bisnis skala rumahan. Keuntungan dari bisnis sektor makanan beku adalah makanan penjual bisa mencari supplier makanan beku untuk kemudian menjualnya kembali melalui media sosial seperti Whatsapp, Facebook, serta Instagram. Resiko bisnis makanan beku juga relatif rendah mengingat penjual tidak perlu stok barang terlalu banyak 

Tips-tips Memulai Usaha Frozen Food

Setelah mengetahui peluang dan tren bisnis bisnis makanan beku, apakah kamu semakin tertarik untuk memulai usaha di bidang ini? Jika ya, simak beberapa tips jitu untuk memulai bisnis makanan beku berikut ini. 

 

Tentukan Jenis Produk

Langkah pertama ketika memulai bisnis frozen food adalah menentukan produk apa yang akan dijual. Terdapat banyak sekali jenis makanan beku seperti ayam, bakso daging, sosis, nugget, dll. Lakukan survei terlebih dahulu sebelum memilih produk untuk memastikan jenis produk yang paling laris di pasar. Kamu juga dapat menawarkan beberapa produk pendamping seperti saus untuk makanan yang perlu dimasak dulu sebelumnya. 

Perhitungan Modal Awal

Setelah mengetahui produk yang akan dijual, mulailah menghitung anggaran modal wal yang diperlukan ketika memulai bisnis ini. Lakukan perhitungan termasuk biaya yang harus dikeluarkan ketika harus bekerja sama dengan vendor pemasok frozen food serta total uang yang harus dikeluarkan untuk membeli peralatan untuk menyimpan frozen food. Lakukan perhitungan sedetail mungkin

Siapkan peralatan

Memilih peralatan yang berkualitas dalam bisnis frozen food sangatlah penting. Salah satu peralatan yang wajib di miliki adalah pendingin atau freezer. Hal ini dapat dilakukan untuk jenis makanan beku yang sudah dikemas. Namun bila makanan harus diproduksi sendiri atau masih merupakan bahan mentah, peralatan seperti meja, pisau, mesin penggiling, timbangan, kemasan kedap udara, alat vakum dan juga alat press perlu disiapkan. 

Gunakan Strategi Pemasaran yang Tepat

DImana terdapat minat pasar, disana pasti ada persaingan. Begitu pula dengan bisnis makanan beku. Maka dari itu buatlah strategi yang cocok untuk calon pelanggan kamu. Baik itu melalui pemasaran secara online, menitipkan barang di toko kelontong atau upaya promosi lainnya, tentukanlah strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan modal bisnismu. 

Demikianlah pembahasan mengenai bisnis frozen food serta tips-tips bagi kamu yang ingin memulai berbisnis di bidang ini. Selain relevan dengan kebutuhan masyarakat saat ini, memulai bisnis makanan beku dapat memberi beragam keuntungan bagi pelakunya. Jadi, sudah siap memulai bisnis frozen food-mu sendiri? 

Default image
Max Edmund