Apa itu Rekber dan Cara Bagaimana Rekber Bekerja!

Di masa pandemi ini, penjualan online sudah sangat banyak digeluti beberapa orang. Hampir semua orang mencoba untuk menjalani bisnis secara online. Hal ini dikarenakan orang bisa menggunakan metode pembayaran secara cashless untuk menghindari corona. Salah satu contohnya yaitu menggunakan rekber. Apa itu rekber?

Rekber adalah salah satu opsi yang bisa kamu gunakan dalam melakukan transaksi secara online. Tentunya rekber mempunyai banyak kelebihan sehingga banyak orang yang menggunakannya. Banyak toko online yang menggunakan metode pembayaran rekber ini agar memudahkan konsumen yang membeli barang di tokonya lebih aman.

Rekber ini sebenarnya adalah singkatan dari rekening bersama. Dalam artiken kali ini, kita akan membahas apa itu rekber dan bagaimana cara kerja metode pembayaran rekber ini.

Apa itu Rekber?

apa itu rekber

© Pexels

Seperti yang kita bahas sebelumnya, rekber adalah singkatan dari rekening bersama dalam opsi pembayaran transaksi online. Rekber ini adalah salah satu metode pembayaran transaksi online yang dianggap lebih aman daripada transfer langsung ke penjual. Rekening bersama adalah pihak ketiga yang mempunyai tugas untuk menampung transaksi online antara penjual  dan pembeli.

Rekber mempunyai sistem keamanan yang jauh lebih aman dan membuat konsumen lebih nyaman dalam melakukan transaksi online. Rekber ini pertamanya dikenal pada forum Kaskus. Karena keterbatasan fitur pada belanja dan transaksi online pada Kaskus saat itu, maka rekber menjadi opsi yang cukup terkenal. 

Cara Kerja Rekber

Setelah kamu mengetahui apa itu rekber dan gambaran secara garis besarnya, selanjutnya kita akan membahas dan memahami bagaimana cara kerja rekber atau rekening bersama. 

Kesepakatan Penjual dan Pembeli

Ketika pembeli dan penjual sepakat untuk menggunakan rekber sebagai metode pembayaran, pembeli akan melakukan transfer ke rekening bersama atau rekber. Dana yang disepakati oleh penjual dan pembeli akan dikirim ke jasa rekber yang juga sudah disepakati oleh kedua belah pihak.

Setelah itu, rekber akan menerima dana transaksi antara penjual dan pembeli. Kemudian, jasa rekber yang digunakan akan memberikan sebuah konfirmasi bahwa ada uang yang sedang ditahan untuk transaksi online ini. Tugas dari rekber ini adalah menampung uang ini dan mengamankan uang ini sampai transaksi antara penjual dan pembeli selesai.

Transaksi Antara Penjual dan Pembeli

Berikutnya, penjual akan mengirimkan barang yang akan dibeli oleh pembeli. Dari situ, pembeli akan menunggu hingga barang sampai. Ketika barang sudah sampai, pembeli akan memberikan informasi kepada rekber bahwa barang sudah diterima dan transaksi akan dianggap selesai dari pihak penjual. Dari situ, dana yang ada pada rekber bisa dicairkan ke penjual.

Setelah rekber menerima konfirmasi bahwa transaksi selesai, jasa rekening bersama akan mengirimkan dana yang diamankan tadi ke penjual. Kemudian, penjual akan memberikan konfirmasi bahwa dana sudah diterima dengan aman. Berikutnya, transaksi antara pembeli, penjual, dan rekening bersama akan dianggap selesai. 

Upah untuk Rekber

Dalam urutan transaksi ini, rekber akan menerima fee atau upah atas pengamanan dana pada transaksi antara penjual dan pembeli tadi. Upah tersebut tergantung dari besar dana dan tergantung dari jasa rekber yang kamu gunakan.

Sekian penjelasan kami tentang bagaimana cara bekerja rekening bersama atau rekber. Metode pembayaran dari rekening bersama atau rekber ini masih seringkali digunakan, walaupun untuk masa sekarang sudah ada beberapa metode lainnya yang bisa kamu gunakan dan mempunyai tingkat keamanan yang lebih.

Tetapi, sampai saat ini, rekening bersama masih menjadi pilihan beberapa konsumen karena kerapnya penipuan yang terjadi di transaksi online ini. Bagaimana? Tertarik mencoba rekber?

 

Default image
Max Edmund