Hashtag : Cara Kerja dan Manfaatnya dalam Sosial Media

Di sosial media manapun dalam penulisan strategi marketing, kamu pasti pernah memperhatikan konten yang menggunakan simbol “#”. Simbol tersebut bernamakan hashtag. Lalu apa itu hashtag ? Hashtag tersebut ternyata pertama kali digunakan oleh seorang web marketing specialist dari perusahaan twitter bernama Chris Messina pada tahun 2007. Pada saat itu, ia menggunakan hashtag untuk penanda sebuah topik tertentu

Kegunaan hashtag ternyata sangat berpengaruh lho dalam dunia marketing khususnya di sosial media. Dalam artikel ini kita akan membahas apa itu hashtag, bagaimana cara kerja sebuah hashtag, kegunaanya dalam penulisan konten dan tips apa saja yang bisa kamu gunakan. Simak artikel berikut !

Apa itu Hashtag

Hashtag bisa dibilang sebuah kata kunci yang terikat dalam sebuah topik tertentu. Penulisan hashtag juga tidak memerlukan spasi dan menggunakan simbol tagar “#” di kalimat awalnya.

Misalnya konten dari Semesta Akademi menggunakan #BelajarBeda dalam membranding konten di Instagramnya. Maka jika kamu mengetik BelajarBeda di pencarian hashtag, maka muncul banyak konten yang menggunakan kalimat tersebut, termasuk konten dari Semesta Akademi.

Penggunaan dan cara kerja hashtag di beberapa sosial media juga berbeda-beda. 

apa itu hashtag

©Pexels

Cara Kerja Hashtag dalam Instagram

Dalam instagram, hashtag bekerja untuk mengumpulkan foto-foto atau konten yang sama dalam sebuah kata kunci tertentu. Pencarian kata kunci hashtag juga mempunyai tab tersendiri dalam menu instagram.

Misalnya konten dari Semesta Akademi menggunakan #BelajarBeda dalam membranding konten di Instagramnya. Maka jkamu akan menemui konten yang sama menggunakan hashtag tersebut. Kamu juga bisa memantau efektifitas hashtag dalam instagram melalui insight instagram di postingan yang kamu buat

Cara kerja Hashtag dalam Twitter

Hampir sama seperti di Instagram, dalam twitter hashtag bekerja untuk menghubungkan suatu topik pembicaraan pengguna ke pengguna lainnya.  Bila pengguna lain menggunakan hashtag yang sama, maka akan muncul di pencarian tweet dengan kata tersebut. Jika penggunaan hashtag di sebuah tweet ini jumlahnya banyak, maka akan muncul di dalam trending topic.

Manfaat dari Hashtag

Kegunaan dari hashtag untuk sosial media menjadi salah satu kunci untuk dunia bermarketing, dan berikut manfaatnya.

Membangun Brand

Dalam membangun brand, tentu kamu ingin terlihat unik di antara kompetitor lainnya. Salah satu caranya adalah menggunakan hashtag dalam membagikan konten untuk pemasaran kamu. Dengan menggunakan hashtag yang unik, kamu akan memiliki ciri khas untuk produk kamu dan audience akan aware dengan brand kamu.

Meningkatkan Engagement pada Followers

Menggunakan hashtag dalam konten-konten sosial media, berarti anda telah berinteraksi dengan topik tersebut. Dengan begitu, postingan anda akan terlihat dalam percakapan tersebut.

Dampak yang lebih besar dapat meningkatkan jumlah follower, like dan komentar yang akan mempengaruhi popularitas sosial media kamu.

Menunjukan dukungan permasalahan Sosial

Kamu pasti pernah lihat kan dalam sebuah postingan di sosial media ataupun tweet mengatasnamakan dukungan sebuah gerakan sosial. Ini merupakan salah satu cara kalian dalam terlibat dari masalah sosial. Cara tersebut juga dapat meningkatkan follower yang mendukung masalah sosial tersebut.

Menambahkan konteks dalam sosial media

Jika kamu perhatikan, dalam sosial media kamu tidak dapat ruang yang cukup besar untuk menulis text. Di twitter kamu hanya bisa mengetik 280 dalam satu postingan.

Di instagram juga demikian. Justru yang singkat dan jelas akan dibaca.

Fungsi hashtag ini mengkontekstualisasikan pembicaraan ke pembicaraan lainnya. Kamu dapat menghubungkan konten-konten kamu dengan menggunakan hashtag, agar mudah dibaca oleh audience.

Membantu audience dalam menemukan Brand

Di sosial media seperti LinkedIn atau Instagram, kamu dapat mengikuti hashtag yang digunakan orang lain. Dalam penggunaan hashtag yang unik akan membantu calon customer menemukan brand kamu. 

Tips Menggunakan Hashtag dalam Bermarketing

Riset Influencer dan Kompetitor Kalian

Dalam pemilihan hashtag, mulailah dengan memperhatikan hashtag yang digunakan oleh influencer atau kompetitor kalian. Dari situ kalian bisa melihat hashtag apa yang sedang trending, disesuaikan dengan target pasar kamu.

Perhatikan hashtag mana yang paling banyak digunakan di setiap postingan.

Buat hashtag yang relevan dengan brand-mu

Jika sudah mengetahui mana hashtag yang efektif dari sumber lain, buatlah hashtag kamu relevan dengan brand yang kamu tawarkan. Ini berfungsi untuk menargetkan audience yang lebih spesifik

Analisis hashtag yang berhasil sebelumnya

Kamu dalam membuat hashtag dalam postingan, juga perlu untuk mengevaluasi hashtag mana yang telah berhasil sebelumnya. Dengan demikian bisa dijadikan ciri khas dan konsistensi dalam penggunaanya.

Dalam penjelasan diatas, tentunya kamu sudah menemukan fungsi hashtag dan bagaimana kamu mengaplikasikannya di dunia marketing kan ?

Semoga kata kunci yang kamu pilih untuk hashtag kamu tepat dalam strategi marketing kamu ya. Selamat mencoba !

 

 

Default image
Ronaldo Nongsina