Teknik Pemasaran Terbaik 2022 adalah Affiliate Marketing

Dalam dunia marketing tentunya kamu banyak menemukan jenis teknik pemasaran untuk memasarkan produk kamu. Salah satunya adalah affiliate marketing. Affiliate marketing ini mengacu pada bagaimana pemanfaatan afiliasi untuk membantu penjual menyampaikan produk atau jasa kepada calon konsumen.

Mungkin kamu akan lebih familiar dengan affiliate marketing dengan bentuk seperti endorsement atau bahkan paid promote di media sosial. Ya, betul! Endorsement dan paid promote termasuk dalam bentuk affiliate marketing. 

Seperti konsep affiliate marketing, perusahaan atau bisnis usaha yang menggunakan endorsement dan paid promote berafiliasi dengan beberapa orang untuk mempromosikan produk yang mereka jual. 

Tentunya orang yang dipilih oleh perusahaan atau bisnis yang akan menggunakan affiliate marketing adalah orang – orang yang mempunyai banyak pengikut atau mempunyai spotlight di salah satu atau beberapa platform media. 

Untuk lebih lanjutnya, kita akan membahas dari dasarnya dahulu tentang apa itu affiliate marketing secara lebih detail

© Pexels

Apa itu Affiliate Marketing?

Setelah mendapat gambaran simple di atas, mungkin kamu sudah bisa mengira – ngira seperti apa kurang lebih affiliate marketing itu. Affiliate marketing atau pemasaran afililasi adalah proses penawaran atau promosi produk menggunakan jasa afiliasi professional. 

Seperti yang kita bahas sebelumnya, tidak sembarang orang yang akan dipilih perusahaan untuk mengeksekusi affiliate marketing ini. Professional yang disebut sebelumnya adalah orang – orang yang memiliiki impact besar terhadap pasar dari produk yang promosikan. 

Sebagai contoh, ketika perusahaan handphone ingin melakukan affiliate marketing melalui media Youtube pastinya perusahaan tersebut akan memilih akun atau channel Youtube tech dengan subscribers yang cocok dengan target pasar dari perusahaan handphone tersebut.

Pemasaran afiliasi atau affiliate marketing ini juga sebagai proses promosi produk dari tiga sisi yang diuntungkan yaitu penjual, afiliasi, dan konsumen. Dengan adanya afiliasi ini, konsumen akan bisa dengan mudah merasa dekat dengan produk yang ditawarkan. Maka dari itu, perusahan bisa lebih mudah menjual barang.

Nah, cara pembayaran yang diberikan kepada afiliasi ini ada dua caranya. Yang pertama, perusahaan bisa membayarnya dengan target penonton atau reach dari konsumen. Kemudian cara yang kedua adalah perusahaan bisa memberikan komisi dari keuntungan penjualan kepada afiliasi ini.

Tips Memilih Afiliasi untuk Affiliate Marketing

Setelah membahas sekirang kurang lebih apa itu affiliate marketing, kita akan membahas bagaimana caranya memilih afiliasi yang tepat untuk mengeksekusi affiliate marketing.

Memilih Afiliasi

Pertama kamu perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk produk yang akan kamu pasarkan. Kamu harus tahu target pasar yang spesifik untuk produk atau jasa yang kamu tawarkan. Kemudian, dari situ kamu bisa menentukan beberapa afiliasi dengan followers atau pengikut yang mempunyai irisan dengan target pasar kamu.

Setelah itu, kamu juga bisa melihat apakah afiliasi yang kamu pilih untuk mengeksekusi affiliate marketing ini sudah cocok dengan produk yang kamu tawarkan. Misalkan, produk yang kamu jual adalah make up kecantikan untuk wajah, kamu bisa menggunakan afiliasi dari beauty vlogger agar konsumen akan lebih mudah percaya.

Memilih Strategi dan Media

Setelah menemukan afiliasi yang tepat dengan produk kamu, kamu bisa mulai memikirkan strategi marketing apa yang bisa membantu penjualan kamu dalam affiliate marketing ini. Affiliate marketing tentunya adalah strategi yang baik untuk kamu, namun kamu juga harus menyisihkan ruang budget untuk strategi marketing lainnya.

Kamu bisa melihat keperluan dari target pasar kamu. Apabila target pasar kamu ingin melihat video review dari produk yang kamu jual, maka media Youtube adalah pilihan terbaik. Kamu bisa melakukan riset juga agar hasil yang kamu inginkan dari affiliate marketing ini bisa optimal dan maksimal.

Sekian penjelasan kami tentang bagaimana penjelasan tentang affiliate marketing dan tips menjalankan affiliate marketing. Tertarik mencoba affiliate marketing? Temukan pelatihannya di Semesta Akademi!

Default image
Max Edmund