Entrepreneur adalah Pengusaha, Benar atau Salah? Ini Jawabannya!

Pada tahun 2021 kemarin, banyak orang yang karirnya terdampak oleh COVID-19. Maka dari itu, tidak sedikit dari orang – orang tersebut yang mulai mencoba untuk menjadi entrepreneur. Entrepreneur ini adalah istilah yang sudah tidak asing lagi. Seringkali entrepreneur disamakan dengan istilah pengusaha.

entrepreneur ini sebenarnya adalah individu yang sedang atau mampu menciptakan bisnis yang baru. Selain itu, entrepreneur juga adalah orang yang bersedia menanggung sebagian besar resiko bisnis dan sebagai imbalannya mereka akan mendapatkan banyak profit. Maka dari itu, kata entrepreneur ini sering dikaitkan dengan pengusaha.

Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian dari apa itu entrepreneur dalam bisnis. Kita juga akan membahas karakter entrepreneur yang membedakan mereka dari istilah pengusaha.

entrepreneur adalah

© Pexels

Apa itu Entrepreneur?

Entrepreneur adalah seseorang yang mengembangkan perusahaan dengan berbagai macam inovasi. Semua orang entrepreneur adalah orang yang memiliki kemampuan dalam mengelola bisnis sekaligus menanggung resiko dari kesuksesannya. Berbeda dengan pengusaha yang memiliki arti sebagai orang yang menjalankan usaha sendiri.

Proses mendirikan bisnis dari seorang entrepreneur disebut sebagai entrepreneurship atau lebih dikenal dengan bahasa Indonesia yaitu kewirausahaan. Selain itu, entrepreneur juga diartikan sebagai proses menciptakan sesuatu yang baru agar bias mempunyai nilai yang lebih dalam aspek ekonomi.

Artinya, entrepreneur tidak selalu dituntut untuk menciptakan suatu hal atau bisnis yang baru. Tetapi entrepreneur diartikan juga sebagai seseorang yang mempunyai kemampuan dalam memecahkan masalah terkait bisnis dan ekonomi.

Tujuan Entrepreneur

Entrepreneur mempunyai beberapa tujuan yang mungkin sedikit berbeda dengan pengusaha. Pertama, entrepreneur mempunyai tujuan dalam mendukung munculnya usaha – usaha kecil. Kedua, entre preneur mempunyai fokus dalam memajukan dan mengangkat kesejahteraan masyarakat.

Ketiga, entrepreneur mempunyai tugas dalam menumbuhkan semangat pengusaha atau penggerak bisnis dalam berinovasi. Jika dilihat dari tujuannya, entrepreneur memang bukan semata – mata sebagai orang yang mempunyai tujuan untuk profit saja. Tetapi orang – orang ini mempunyai tujuan untuk kebahagiaan masyarakat secara luas juga.

Karakteristik Entrepreneur

entrepreneur mempunyai beberapa karakter yang membedakan mereka dengan pengusaha. Karakter yang pertama adalah entrepreneur mempunyai sikap yang optimis terhadap sesuatu. Mereka percaya dengan mimpi mereka dan mereka memiliki cukup keberanian untuk mewujudkan impian mereka dalam bisnis.

Karakter yang kedua adalah fokus pada tujuan. Entrepreneur adalah orang – orang yang mempunyai fokus tinggi terhadap tujuan awal mereka dalam bisnis. Orang – orang ini bukan orang yang mudah terdistraksi dengan tujuan awal mereka.

Ketiga, entrepreneur adalah individu yang mempunyai pemikiran terbuka. Maksudnya, semua entrepreneur mempunya cara berpikir yang terbuka dan dinamis. Sehingga, merek akan lebih peka terhadap perubahan yang terjadi di sekitar mereka, terutama pada bisnis yang mereka jalani.

Keempat, entrepreneur mempunyai kemampuan yang baik dalam melakukan problem solving. Karena mereka mempuynai fokus terhadap tujuan mereka yang tinggi, maka entrepreneur mempunyai kemampuan dalam melakukan analisis dalam sebuah masalah. Kemudian mereka bisa dengan mudah menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

Karakter yang kelima dan yang terakhir adalah berani mengambil resiko. Hampir semua entrepreneur adalah orang yang tidak suka bermain dengan zona nyaman. Sehingga, mereka mempunyai daya tarik sendiri untuk mengambil keputusan yang memiliki resiko tinggi. Tentunya, resiko tinggi yang diambil ini juga bertujuan untuk pengembangan bisnis mereka.

Demikian penjelasan dari kami tentang perbedaan pengusaha dan apa itu entrepreneur. Bagaimana? Apakah kamu memiliki ketertarikan untuk menjadi salah satu entrepreneur di Indonesia?

 

Default image
Max Edmund